Klasifikasi dan Morfologi Rumput Mutiara

Diposting pada

Klasifikasi dan morfologi rumput mutiara – Rumput mutiara di kenal dengan oldenlandia corymbosa yang memiliki sinonim yaitu Hedyotis corymbosa Merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak di temukan di tepi jalan ataupun di pinggir jalan an serta dapat tumbuh di tanah yang tidak di manfaatkan.

Morfologi Rumput Mutiara

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Pohon Gaharu (Aqualaria malaccensis)

Jenis tanaman ini biasanya di anggap sebagai tanaman Gulma atau tanaman pengganggu. Adapun nama lain dari Berbagai daerah rumput mutiara ini: lidah ular, katepan, pengka,  dan bunga telur.

Klasifikasi  Rumput Mutiara

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rubiales

Famili:  Rubiaceae

Genus:  Oldenlandia L.

Spesies: Hedyotis corymbosa L.

Morfologi Rumput Mutira

Pada umumnya rumput mutiara Ra memiliki penampakan an-nur tegak atau Condong, bercabang mulai dari pangkal batangnya dengan ketinggian 0,05 sampai 0,6 meter.

Akar

Akar pada rumput ini merupakan kan salah satu jenis akar tunggang yang memiliki garis di bagian tengah ah dengan rata-rata 1 mm  dengan perakaran Bercabang berbentuk benang-benang halus.

Batang

Batang pada rumput ini berbentuk segiempat, gundul Atau memiliki sisi pendek bercabang dengan ketebalan 1 mm, berwarna coklat sampai hijau keabu-abuan

Daun

Daun pada rumput ini relatif lebih kecil dengan panjang daun 2 sampai 5 cm, bagian ujung runcing dan memiliki pertulangan daun di tengah. Pada  pangkal daun runcing berwarna hijau agak pucat, memiliki sisik sisik kecil  sepanjang tepi daun  dengan tangkai daun yang pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Bunga

Bunga pada rumput ini adalah biseksual, dan aktinomorf memiliki  kelopak mengandung sistolit Dan mahkota berwarna putih atau keunguan pucat.

Buah

Buah pada  rumput ini berbentuk runcing memecah di bagian ujungnya memiliki panjang 1,75 sampai 2 mm lebar  sampai 2,5 mm  dan Muncul pada permukaan luar di bagian ujung dekat bunga.

Biji

Rumput ini juga memiliki banyak biji berbentuk lonjong dengan permukaan seperti jala atau jaring dan memiliki warna coklat.

Kandungan Rumput Muatiara

Rumput mutiara memiliki kandungan senyawa asam ursolat, hentriakontan, stigmasterol, asam ursolat, beta sitosterol, flavonoid glikoda, sitostrol D glukosida, p-asam kumarat, iridoid glikoda, alizarin, ikaran antragalol dan krorogenin.

Manfaat dari rumput mutiara ini adalah sebagai anti toksin menyembuhkan bisul, anti radang atau anti inflamasi, diuretik, menghilangkan demam atau panas, memperlancar sumbatan sperma dan dan mengaktifkan sirkulasi darah.

Selain itu juga tumbuhan ini juga dapat meningkatkan imunitas hormonal dan meningkatkan daya Fagositosis. Dapat juga mengobati berbagai penyakit seperti Hepatitis, radang kantung empedu, kanker payudara, limpa, serviks,  lambung, usus besar, nosafaring  dan dan fibrosarkoma.

Dapat juga mengobatin tekanan darah tinggi, gondongan, Pneumonia, radang usus buntu,Radang pinggul infeksi saluran kemih, bisul dan borok.  Ada beberapa pendapat juga tanaman ini juga dapat mengobati  batu ginjal, radang ginjal dan infeksi ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.