Klasifikasi dan Morfologi Rumput Pinto (Arachis pintoi)

Diposting pada

Klasifikasi rumput pinto Adalah salah satu jenis tanaman yang tergolong ke dalam kacang-kacangan yang tumbuh di atas permukaan tanah dan masih ke dalam kerabat kacang tanah. Pinto Di Indonesia di kenal dengan sebutan kacang hias atau kacang Pinto. sebagian orang juga menyebut dengan nama Golden peanut karena tanaman ini mempunyai bunga dengan warna kuning.

Klasifikasi rumput pinto

Nama latin dari pinto adalah Arachis pintoi  yang termasuk ke dalam suku polong-polongan Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Tergantung dengan perawatannya, dapat tumbuh dengan baik Pada kondisi di bawah naungan sekitar 70% sampai 80% di bandingkan dengan terkena sinar matahari langsung.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Rumput Mutiara

Tanaman ini sangat baik di tanami sebagai tanaman penutup tanah,Bahan hijauan makanan ternak, tanaman hias untuk  pagaran rumah, tanaman tujuannya untuk menghambat erosi tanah.

Klasifikasi Kacang/Rumput Pinto

Kingdom : Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subkelas: Rosidae

Ordo: Fabales

Famili: Fabeceae

Genus: Arachis

Spesies:  Arachis pintoi

Morfologi Kacang/Rumput Pinto

Rumput Pinto merupakan salah satu jenis tanaman herba yang tumbuh rendah di permukaan. Batang menjalar di permukaan tanah tampak kokoh dan kuat. Bagian akar tumbuh di buku – buku batang yang tumbuh pada permukaan tanah.

Bagian daun memiliki dua pasang helaian pada setiap tangkai, Berbentuk oval dengan ukuran lebar 1.5 – 2 cm dan panjang 3-4 cm.

Untuk bunga hias ini Pada umumnya berbunga terus-menerus selama hidupnya dengan mencapai 40-60 bunga/m2 setiap harinya. Penyerbukan pada bunga terjadi secara langsung maupun dengan bantuan angin dan serangga yang ada di sekitar tanaman.

Manfaat Rumput Pintai

manfaat dari rumput yaitu pengontrol erosi, rehabilitasi lahan, pengontrol gulma, pengontrol nematoda, makanan ternak dan sebagainya.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Pohon Gaharu (Aqualaria malaccensis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.