Klasifikasi dan Morfologi Rumput Gajah Mini (Pennusetum purpureum)

Klasifikasi rumput gajah mini adalah salah satu jenis tumbuhan tahunan yang termasuk ke dalam keluarga Poaceae memiliki produktivitas tinggi, kandungannya tinggi dan palatabilitas cukup baik untuk ternak ruminansia.

Rumput gajah mini

Rumput ini berasal dari Afrika Tropika, menyebar dan di perkenalkan ke berbagai daerah Tropika lain terutamnya di Asia Tenggara. Selain itu, rumput ini di kembangkan secara terus-menerus dan disilangkan dengan berbagai macam rumput lain sehingga menghasilkan banyak kultivar terutamanya di di Amerika, Filipina dan di India.

Rumput gajah mini ini dapat tumbuh dengan curah hujan 1000 mm, Ketinggian 2000 mdpl, Suhu 25 – 40 derajat Celcius. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan optimal pada lahan dengan drainase yang baik dan tanah yang subur serta memiliki tingkat kemasaman (pH) tanah 4,5 – 8,2.

Klasifikasi Rumput Gajah Mini

Kingdom: Plantae

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Sub Kelas: Commelinidae

Ordo: poales

Famili: Poaceae

Genus: Pennusetum

Spesies: Pennusetum purpureum CV Mott

Morfologi Rumput Gajah Mini

Rumput ini secara umum merupakan tanaman  tahunan yang berdiri tegak, berakar dalam, dan tinggi dengan rimpang  pendek. Tinggi batang dapat mencapai 2-3 m,  dengan diameter lebih dari 3 cm dan terdiri dari 20  ruas /buku. Berbentuk rumpun dengan lebar hingga 1 m, bagian daun/pelepah daun gundul pendek, helaian daun bergaris dan ujung runcing.

Produksi rumput gajah mini

Produksi dari rumput ini sangat bervariasi dan di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain agroklimat, jarak tanam dan manajemen budidaya.  Untuk beberapa lokasi itu utamanya di Malaysia itu mencapai sebesar 5, 9 ton /ha/tahun pada jarak tanam 50 * 100 cm, sedangkan di Indonesia terutamanya di Sei Putih itu mencapai 30,73 ton /ha/tahun pada curah hujan sedangkan musim kemarau 18,44 ton /ha/tahun.

Kandungan Nutrisi Rumput Gajah Mini

Untuk kandungan nutrisi yang pertama itu kadar lemak daun 2,72%, kadar lemak batang 0,9% , protein kasar daun 14,35%, protein kasar batang 8,10%, Protein kasar 14%, di gestibility daun 72,68% dan di gestibility  batang 62,56%.  kandungan tersebut sangatlah berperan penting untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak ruminansia.

Manfaat Rumput Gajah Mini 

Ada beberapa manfaat dari rumput ini yaitu membantu erosi tanah, bahan pakan hijauan ternak ruminansia, melindungi permukaan tanah dari hujan dan menghambat banjir karena penyerapan air sangat cepat, memperkuat resistensi tanah. Manfaat di bidang kesehatan rumput ini adalah mengatasi masalah kantung kemih, diare, paru-paru, insomnia, stress, penyakit ginjal, masalah kulit, dan sistem pencernaan.

Baca juga: Klasifikasi dan Morfologi Bunga Asoka

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *