Pengertian Bioteknologi Pangan dan Contohnya Lengkap

Pengertian Bioteknologi Pangan dan Contohnya Lengkap – Apa itu bioteknologi pangan? Defenisi bioteknologi pangan? Contoh bioteknologi pangan?.  Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup (mikroorganisme atau mikroba) untuk menghasilkan suatu barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan manusia (tumbuhan atau hewan).

Baca: Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli

Pengertian Bioteknologi Pangan

Bioteknologi pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan berbagai jenis mikroba atau mikroorganisme yang menguntungkan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan pangan manusia.

Bioteknologi pangan atau makanan memanfaatkan mikroorganisme untuk melakukan pengelolaan makanan dengan mengubah bahan makanan menjadi bentuk lain.

Contoh Bioteknologi Pangan (Makanan)

  • Memanfaatkan mikroorganisme dalam pembuatan roti (kue): bisanya menggunakan bakteri Saccharomyces cereviceae (biasanya terdapat pada ragi).
  • Mamanfaatkan mikroorganisme membuat asinan (acar): biasanya menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus (biasanya terdapat dari hasil fermentasi bakteri asam laktat).
  • Memanfaatkan mikroorganisme untuk membuat mentega dan keju: biasanya menggunakan bakteri asam laktat (Laktobacillus bulgaricus), Propionibacterium dan sebagainya.
  • Memanfaatkan mikroorganisme membuat minuman beralkohol: biasanya menggunakan bakteri Scacharomyces cerevisies dan Saccharomyces bayanus.

Mikroogranisme Yang Menjadi Bahan Pangan

Mikroorganisme yang digunakan untuk bahan pangan terdiri dari dua mikroorganisme yang digunakan, diantara adalah sebai berikut:

1. Protein Sel Tunggal (PST) :

Protein sel tunggal merupakan bahan pangan yang dihasilkan dan berasal dari mikroorganisme.  Bahan makanan ini memiliki kadar protein kurang lebih 80%. Mikroorganisme protein tunggal tersebut misalnya  chlorell, sprillina  dan Saccharomyces cereviceae.

2. Mikroprotein

Mikroprotein merupakan bahan pangan yang dihasilkan dan berasal dari miselium jamur. Mikroprotein dihasilkan melalui fermentasi yang menggunakan glukosa sebagai subtrat dan senyawa lain seperti gas amoniak (sumber protein). Mikroprotein menggunakan mikroorganisme, seperti fusarium graminearium.

Baca Juga:

Itulah informasi singkat mengenai pengertian bioteknologi pangan dan contohnya lengkap semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *