Personal Branding: Pengertian, Istilah dan Tujuan Personal Branding

Pengertian personal branding

Pasti Anda sangat familiar dengan istilah personal branding bukan?! Yap, istilah ini sering dipakai seseorang guna membentuk maupun membangun citra citra diri di hadapan publik. Dengan kata lain, personal branding bermaksud untuk memasarkan pengalaman diri.

Di era media sosial, personal branding bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Aplikasi CUiT, Anda bisa membangun citra dengan cara mengekspresikan diri atau lainnya.

Lantas apa sih tujuan dari personal branding dan apa manfaatnya? Sebelumnya alangkah lebih baiknya Anda mengetahui dahulu apa itu sebenarnya personal branding. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Personal Branding?

Sederhananya, personal branding merupakan strategi membentuk citra diri dengan tujuan orang lain bisa menilainya prestasi atau pencapaian yang dimiliki. Dengan kata lain, ini adalah kesempatan dan peluang Anda menampilkan diri seunik dan ciri khas diri Anda.

Adapun pendapat beberapa tokoh menyebutkan bahwa personal branding adalah cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut. Hal ini bisa diperuntukkan pada siapapun seperti pengusaha, programmer, penulis, maupun influencer.

Dengan demikian, personal branding adalah proses pembentukan persepsi publik terhadap aspek yang dimiliki individu yang bisa ditunjukkan melalui medium apa saja misalnya media sosial. Manfaatkan semaksimal mungkin media sosial Anda untuk membangun citra diri.

Apa Pentingnya Personal Branding?

Setelah mengetahui apa itu personal branding, maka selanjutnya artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap tujuan dan pentingnya ini. Dengan demikian, ketika memakai media sosial, Anda bisa membranding diri sendiri.

1. Kepercayaan (Trust)

Pentingnya personal branding pertama ini adalah menciptakan kepercayaan (trust) kepada publik bahwa diri Anda dikenal sebagai sosok yang baik. Dengan begitu, orang lain akan percaya dan nyaman saat bertemu Anda walau belum pernah bertemu sebelumnya.

2. RPnedibilitas

Selanjutnya adalah membangun kredibilitas diri sendiri. Personal branding yang bagus dalam diri Anda, secara tidak langsung orang lain akan merasa hormat, kagum, bahkan memupuk rasa dapat dipercaya.

3. Rasa Percaya Diri

Berikutnya, alasan pentingnya membangun personal branding adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan demikian, Anda ketika akan melakukan sesuatu akan lebih bersemangat, percaya dengan kemampuan yang dimiliki, serta optimal dalam mengerjakan apapun.

4. Jaringan

Dengan citra diri yang bagus, Anda bisa meningkatkan exposure seperti halnya dalam membangun jaringan (networking). Dengan begitu, jaringan yang sebelumnya belum terasa, akan semakin meluas saat Anda melakukan branding diri.

Nah itulah penjelasan tentang pentingnya membentuk personalitas di hadapan publik. Lalu apa saja sih tujuan dari personal branding? Berikut penjelasan lengkapnya.

Tujuan Personal Branding

1. Pembeda

Setiap orang memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Hanya saja tidak banyak yang bisa menampilkannya. Bila sebuah produk unik dan menarik, maka akan banyak orang yang mengingatnya. Bila diri Anda punya karakter khusus, maka orang akan mudah mengenal Anda.

2. Daya Tarik

Selain mengingat dan mengenal, personal branding dapat bertujuan mempromosikan diri Anda sehingga keberadaan diri Anda layak untuk dipertimbangkan. Daya tarik untuk promosi inilah yang tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah salah faktor penting untuk mempengaruhi orang.

3. Prestise dan Jaminan Kualitas

Tujuan ketiga ini bisa menjadi strategi bagi Anda untuk menunjukkan pada orang lain yang menganggap diri Anda remeh atau seolah tidak berkompeten. Dengan personal branding yang bagus, maka Anda bisa menampilkan kemampuan Anda.

4. Sebagai Pengendali Sekitar

Seperti magnet, personal branding akan menarik perhatian banyak orang dan membawa pesan positif yang kuat. Orang di sekitar Anda akan menaruh kepercayaan dan menganggap diri Anda mampu memberikan solusi, menawarkan inovasi, atau mengarahkan situasi ke yang lebih baik.

Bagaimana? Anda sudah cukup mengetahui apa, manfaat, dan tujuan dari personal branding. Dengan demikian Anda bisa mencobanya dengan memakai media sosial seperti Aplikasi CUiT untuk medium branding diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.