Puring – Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Perawatan

Diposting pada

Klasifikasi Puring – Puring termasuk kedalam famili Eurphorbiaceae, dengan genus Codiaeum, memiliki nama latin Codiaeum variegatum yang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak di minati dan di tanam masyaraka Indonesia.

Klasifikasi puring

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel (Raphanus satiivus)

Tanaman Puring merupakan jenis tanaman daun haus yang juga di kenal nama Croton  di gunakan sebagai tanaman hias karena keindahan keragaman corak dan warnanya. Warna daunnya sangat beragam, seperti hijau, kuning, orange,  merah dan ungu dengan corak daun bintik-bintik atau garis.

Tanaman ini  memiliki  daun yang menonjol dalam satu tanaman memiliki dua atau tiga warna sekaligus. bentuk Daunnya juga bervariasi ada yang berbentuk huruf z, berbentuk burung walet ekor ayam, dasi keriting spiral, dan anting-anting.

Klasifikasi Puring (Codiaeum variegatum)

Kingdom:  Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

SubKelas: Rosidae

Ordo: Euphorbiales

Famili: Euphorbiacea

Genus: Codiaeum

Spesies:  Codiaeum variegatum

Morfologi Puring (Codiaeum variegatum)

Ada beberapa morfologi dari tanaman puring sebagai berikut:

1.Morfologi Akar

Tanaman ini memiliki perakaran serabut dan juga menembus kedalaman mencapai 3-5 cm, Berwarna kecoklatan. fungsi utama dari akar ini di gunakan untuk menyerap unsur hara atau zat hara dari dalam tanah untuk membantu prosesnya perkembangan atau pertumbuhan bunga puring.

2.Morfologi Batang

Tanaman ini memiliki batang berwarna kecoklatan seperti warna tanah, berbentuk lurus memanjang dengan tekstur kasar atau tidak beraturan. Batang pada tanaman ini juga memiliki percabangan lumayan banyak di bagian atas, pada umumnya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik hingga mencapai 90 cm –  1,5 m.

3. Morfologi Daun

Bagian daun pada tanaman ini tumbuh dengan baik di percabangan batang susunan daun spiral dengan tipe daun bulat dan bergelombang. biasanya daun memiliki warna yang sangat bervariasi , seperti hijau, kuning, orange,  merah dan ungu dengan corak daun bintik-bintik atau garis. Pada daun ini lah tanaman hias ini memiliki ciri khas yang sangat tinggi dan diminati oleh bermacam kalangan Indonesia.

4. Morfologi Bunga 

Bunga pada tanaman ini termasuk bunga lengkap yaitu memiliki bunga jantan dan betina serta memiliki ukuran sangat kecil. Biasanya muncul di bagian atas perdaunan, serta berbentuk kerucut berwarna kekuningan. Bunga tersebut akan menghasilkan buah berbentuk bulat dan berwarna hijau atau coklat.

Jenis-jenis Tanaman Puring (Codiaeum variegatum)

Beberapa jenis tanaman puring yang ada di Indonesia berdasarkan penamaan bersikaf lokal sebagai berikut.

1.Puring Kura

Puring ini di kenal dengan nama Croton Tao Thong atau  Tortoise Sangat populer di kalangan Indonesia. Ciri khas dari puring kura ini memiliki daun berbentuk Tempurung atau tubuh seperti hewan kura-kura, Berwarna hijau sama kuning, merah dan coklat.

2.Puring Emping

Burung ini ini memiliki daun kecil, tebal warna dominan kuning dan hijau titik bentuk daun bundar dan bergelombang seperti emping titik ini juga disebut sebagai puring kuping.

3.Puring Walet

Puring ini juga di sebut puring sriti, memiliki daun terseobek dan memanjang di bagian tengah. Ciri khas dari puring ini memiliki warna daun coklat gelap dengan garis merah di bagian tulang utama daun.

4.Puring Apel Malang

Puring ini memiliki bentuk daun seperti buah apel malang berbentuk bulat dengan bercak-bercak putih. Daunnya tersusun rapat seperti spiral dengan warna kuning dan hijau.

5. Puring Anting

Tanaman ini di kenal dengan Sebutkan Mother and Daoughters di luar negeri. Penamaan tersebut didasarkan karena daunnya berbentuk memanjang di sertai daun kecil yang di hubungkan oleh tulang daun titik nama populer dari tanaman ini adalah Appendiculatum Yang memiliki warna yang bervariasi mulai dari warna hijau ke merah dengan tulang daun kuning dan merah.

6.Puring Gelatik

Puring ini memiliki ciri khas daun memanjang dan lebar dengan ujung lancip serta memiliki warna kuning ing yang memberi kesan seperti burung gelatik.

7.Puring Jengkol

Burung ini memiliki bentuk dan warna mirip jengkol. hal ini tampak dari bentuk daun berbentuk bundar dan permukaan bawah daun berwarna coklat kehitam-hitaman.

8.Puring Oscar

Puring ini memiliki kombinasi warna daun yang sangat atraktif. daun muda di bentuk oleh warna hijau dan kuning memiliki bercak-bercak secara acak. Warna tersebut akan berubah menjadi coklat kehitam-hitaman dan merah setelah daunnya menua.

Manfaat Puring (Codiaeum variegatum)

Ada beberapa manfaat tanaman puring bagi kesehatan yaitu Melancarkan buang air besar, melancarkan sistem pencernaan atau pencuci perut, Melancarkan aliran darah, Membantu mengeluarkan keringat,Menambah nafsu makan, obat penyakit cacing, mengatasi penyakit sipilis, Sangat baik untuk kesehatan lambung, mencegah penyakit penyumbatan darah, Menjaga kesehatan metabolisme tubuh, Mencegah penyakit sembelit, anti diare alami, mengatasi perut mual dan mulas, menyehatkan saluran kemih dan mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

Cara Pemeliharaan Tanaman Puring (Codiaeum variegatum)

Pemeliharaan tanaman puring meliputi penyiraman, pemupukan, penggantian pot atau reporting serta pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyiraman di lakukan 1-2 kali Sehari pada pagi hari atau sore hari.
  • Pemupukan dapat menggunakan pupuh alami ataupun buatan yang diberikan setiap enam bulan sekali, pupuk NPK dapat di berikan 1 bulan sekali, pupuk daun dapat diberikan dengan cara menyemprotkan ke media dua sampai tiga minggu sekali atau pupuk kandang dapat diberikan 2 bulan sekali.
  • Pengganti pot ini dilakukan apabila ukuran atau tanah sudah tidak layak di gunakan lagi yaitu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun sekali.
  • Pengendalian hama dan penyakit menggunakan insektisida dan penyakit tanaman menggunakan fungisida yang di berikan secara berkala.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.