Syarat Tumbuh Tanaman Jahe

Diposting pada

Tanaman Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang banyak di manfaatkan dan di budidayakan.

Kegunaan dan khasiatnya yang sangat beragam serta selalu dibutuhkan oleh berbagai masyarakat. Tanaman jahe ini berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina.

Syarat Tumbuh Tanaman Jahe

Adapun klasifikasi tanaman jahe dalam sistematika (taksonomi). yaitu : kingdom: Plantae; Divisi: Spermatophyta; Kelas: Monocotyledoneae; Ordo: Zingiberales; Famili: Zingiberaceae; Genus: Zingiber; Spesies: Zingiber officinale Rosc.

Baca juga: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jahe Merah

Nama latin tanaman jahe Zingiber officinale Rosc merupakan tanaman herbal yang memiliki batang semu yang tersusun helaian daun, berbentuk ramping, bulat dan lunak.

Tanaman jahe tumbuh dengan tegak dan merumpun. Pada bagian daun berbentuk langsing bulat dengan bagian ujung lancip, berwarna hijau tua dengan pertulangan berwarna muda yang terlihat jelas menyirip berselingan.

Bunga tanaman jahe ini tumbuh di permukaan tanah, tandan bunga kecil berbentuk kerucut, warna putih kekuningan.

Akar tanaman jahe berbentuk rimpangm berbau harum dan pedas. Rimpang jahe bercabang rapat, panjang berbentuk bulat agak pendek, kulit rimpang biasanya berwarna coklat kotor.

Syarat Tumbuh Tanaman Jahe

Tanaman jahe akan tumbuh sangat baik pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 900 m dpl.

jahe dapat berproduksi sangat baik dan optimal pada ketinggian 400-800 m dpl.

Dengan curah hujan 2.500-3.000 mm per tahun, kelembaban 80% dan tanah lembab dengan pH 5,5,-7,0.

Selain itu  memiliki unsur hara yang tinggi. Tanaman jahe juga sangat cocok ditanam pada tanah yang subur, gembur dan banyak bahan organic (humus).

Hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan nilai tambah dari agroforestry (melibatkan dari beberapa tanaman lain). Syarat tumbuh jahe biasanya menggunakan jenis tanah latosol merah coklat atau andasol.

Tanaman ini kurang baik dan tidak cocok ditanam pada tanah rawa dan tanah yang banyak mengandung fraksi liat maupun tanah yang didominasikan oleh pasir kasar.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Karakteristik Kambing Jawarandu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.