Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Bayam Dengan Mudah

Cara Budidaya Bayam Dengan Mudah – Bayam Merupakan sayuran yang memiliki kandungan yang sangat tinggi. Sehingga tanaman ini di budidayakan oleh para petani, dengan pertumbuhan yang sangat lah cepat bayam ini bisa tumbuh dengan 1 bulan anda bisa di panen . Namun bayam memiliki dua jenis yaitu bayam cabut dan bayam petik. Nah langsung simak cara membudidayakan bayam dengan baik.

bayam

Syarat tumbuh Tanaman

Tanaman bayam dapat tumbuh pada musim hujan maupun musim kemarau. Tanaman ini sangat lah membutuhkan air cukup banyak pada saat musim hujan yaitu bulan oktober-november. Namun tanaman ini juga bisa di tanam pada saat musim kemarau sekitar bulan maret – april.

Bayam membutuhkan tanah yang sangat subur dan gembur, dengan suhu normal tanah dengan pH 6 -7. Banyak mengandung unsur organik di dalam tanah dan juga banyak mengandung unsur pertumbuhan pada tanaman.

Jenis Bayam Yang di tanam

Ada tiga jenis bayam yang sering di tanaman para petani yaitu :

a.Amaranthus Tricolor

Tanaman ini tergolong tanaman bayam cabut, yang banyak di tanaman pada dataran rendah. Dengan pertumbuhan yang cepat dan terlambat di panen akan mengakibatkan pertumbuhan bunga dan menghasilkan biji.

b.Amaranthus Dubius

Tanama ini termasuk tanaman bayam dipetik, Pertumbuhan dengan tegak dan berdaun lebar. Ada berdaun hijau tua dan ada juga yang berdaun kemerah-merahan.

c.Amaranthus Cruentus

Tanaman ini biasa anda lakukan dengan car di petik atau di cabut. Pertumbuhan tega dengan daun berwarna hijau abu-abu. Tanaman ini berasal dari amerika selatan.

Cara budidaya bayam dengan baik.

Pembenihan

Bayam dapat di perbanyak dengan biji, dalam memperbanyak biji sebaiknya mengunakan biji yang tua untuk di jadikan benih. Dengan mengunakan biji yang tua akan menghasilkan tanaman bayam yang sangat berkualitas dan pertumbuhanya pun sangat cepat. Kebuthan benih bayam per 10 m2 adalah 2 – 5 gram atau 2 – 5 kg / hektar.

Penanaman

Penamanan bayam tidak melakukan persemaian, Biji langsung dapat di sebarkan dan juag di tanam ke lahan anda. Dengan kedalaman 20 cm dan bayam petik 30 cm , Ukuran bedengan dengan lebar 1 m dan panjang sesuai dengan lahan yang anda buat. Kemudian tambahkan dengan pupuk kandang ke dalam bedengan dan buatlah tepi bedengan lebih tinggi agar biji tidak terbawa air hujan .

Pemeliharaan

Tanaman bayam mudah di siram dengan teratur, dalam melakukan penyiraman sebaiknya mengunakan gembor agar penyiraman di lakukan dengan merata. Kemudian jangan lupa lakukan penyiangan   dan juga penjarangan yang di lakukan sekaligus dengan pemanenan berlangsung. Dengan ini di lakukan agar membuat bayam sangat berkualitas.

Pemupukan

Pemupukan bayam dengan mengunakan pupuk kandang 10 ton perhektar, sedangkan dengan pupuk lainnya yaitu pupuk urea 150 kg , Tsp 100 kg dan Kcl 75 kg per hektar. Lakukan pemupukan dengan secara teratur yaitu menentukan jadwal pemupukan pertama dan kedua dan ketiga .

Pengendalian hama Dan penyakit

Hama yang menyerang pada bayam adalah ulat daun, Ulat daun yang meninggalkan beklas gigitannya pada daun berupa lubang ulat yang tidaklah rata. Selain itu kutu yang sering menghisap cairan daun bayam yaitu yang memilii ciri daun melengkung dan berpilin. Penyakit teresbut dapat di basmi dengan insejtisida dengan dosis 1 gram/l air.

Panen

Bayam dapat di panen pada umur 3 -4 minggu setelah tanaman memiliki tinggi sekitar 20 cm. Cara pemanenan yaitu dengan memeganf batang bagian bawah dan cabut bayam hingga akarnya. Sebaiknya dalam melakukan pencabutan anda harus memperhatikan keadaan tanah dalam kondisi gembur atau tidaknya.

Sedangkan pemanenan dengan pemetikan di lakukan sebaiknya memetik daun ujung dengan hati-hati dengan begitu akan membuat pertumbuhan kembali pada daun yang anda petik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme