Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Jahe Merah di Dalam Polibag ( Karung )

Cara Budidaya Jahe Merah di Dalam Polibag ( Karung ) – Tanaman jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer dan juga banyak di kenali masyarakat. Terkenalnya tanaman ini dan permintaan yang semangkin tinggi banyak sekali masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman ini, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam skala besar sangatlah membutuhkan biaya yang besar baik lahan maupun perawatan, namun jika skala kecil maka perawatan juga kecil. Tapi dalam pembahasan kali ini baik skala besar maupun skala kecil  tetaplah sama karena dapat di lakukan dengan media yang sangat sederhana.

1

Manfaat media ini sangatlah lebih menguntungkan para petani yaitu memberikan hasil yang  lebih tinggi, tidak membutuhkan lahan yang sangat luas, mudah melakukan pemeliharaan dan juga sangat sederhana di lakukan. Jika berminat untuk membudidayakan tanaman jahe dengan polibag atau karung pertahtikan ulasan berikut ini.

Persiapan media tanam

Hal pertama yang harus di lakukan untuk membudidayakan tanaman jahe adalah melakukan pengelolahan atau menentukan media tanam. Tanaman ini bisa juga di lakukan dengan polibag atau pun dengan karung tergantung dengan pemilik. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal perhatikan pengelolahan media tanam berikut :

  • Mencari media tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan lakukan membajakan, mencangkulan atau meratakan hingga halus dan gembur.
  • Lalu mencampurkan media tanah tersebut dengan pupuk kandang atau kompos hingga merata. Diamkan selama 4-5 hari sebelum tanam.
  • Kemudian lakukan pengapuran tanah bertujuan agar pH tanah normal dan baik untuk pertumbuhan tanaman jahe.
  • Persiapan polibag atau karung sebaiknya berukuran sedang dan tidak kekecilan.

Pemilihan bibit tanaman

Pemilihan bibit tanaman ini sangatlah di perlukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam pemilihan bibit harus memenuhi persyaratan yaitu bibit berumur tua, bebas dari hama dan penyakit, berwrana cerah dan tidak abnormal.

Setelah menemukan bibit, sebaiknya lakukan persemaian dahulu menggunakan bedengan kecil yaitu berukuran 1 x 1 x 1 m atau lebih tergantung dengan bibit yang di gunakan banyak atau tidaknya. Dalam persemaian ini harus memperhatikan juga pengelolan berdengan dengan baik, pemeliharaan dan juga pemupukan. Setelah persemaian ini di lakukan, tunggu hingga mempunyai 3-4 helai daun kecil. Lalu lakukan pemindahan ke dalam polibag.

Pembibitan ini bisa juga di lakukan langsung tanpa menggunakan media persemaian. Tetapi pertumbuhan tanaman jahe akan lambat atau perkembangannya terlalu lama.

Penanaman tanaman

Penanaman tanaman jahe sangatlah mudah tinggal mengambil tanaman yang sudah disemaikan atau di benihkan, dan memindahkan langsung kemedia polibag. Tetapi perhatikan juga cara pencabutan atau pengambilan tanaman jahe yang tidak merusak akar serabut dan lainnya. Penanaman ini harus terlebih dahulu membuat lubang tanam dengan kedalaman 3-4 cm bahkan lebih, lalu menimbunya kembali dengan permukaan tanahyang sudah di campurkan dengan pupuk kandang atau lainnya. Setalh itu lakukan penyiraman agar tanah lembab dan basah.

Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tananaman jahe merah dapat di lakukan dengan cara penyulaman, penyiangan , penyiraman dan pemupukan. Penyulaman di lakukan setelah 1-2 minggu setelah tanam mengantikan tanaman yang mati dengan tanaman yang baru. Penyiangan di lakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman yang menggangu tanaman jahe di sekitarnya. Penyiraman di lakukan dengan teratur 2 kali dalam sehari, dan kurangi jika terjadi musim hujan. Sedangkan pemupukan di lakukan 3-4 bulan atau lebih menggunakan urea, pupuk kandang dan juga lainnya sesuai dengan takaran.

Pemananen tanaman

Pemanenan tanaman jahe merah dapat di lakukan pada umur 8-10 bulan bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman. Pemanen ini di lakukan dengan cara menjabut, membongkar atau mencangkul kecil dengan hati-hati tanpa merusak rimpang tanaman. Pemanen ini di lakukan pada pagi dan sore hari, bertujuan untuk menjaga kualitas tanaman dan juga jahe merah.

Baca juga : Cara Budidaya Strawberry Secara Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme