Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Kangkung Secara Hidroponik

Cara Budidaya Kangkung Secara Hidroponik – Tanaman Kangkung ( Ipomoea aquatica Forsk ) Merupakan tanaman air, namun juga bisa di tanam dengan tanah keniring berupa di halam rumah atau juga secara hidroponik. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang dapat di konsumsi. Tanaman ini sangat mudah di pasarkan dan juga banyak di jumpai di selurih Asia dan juga banyak di jumpai di kawasan perairan lainnya.

1

Berikut ini adalah cara membudidayakan kangkung secara hidroponik, karena dengan menggunakan media ini akan mudah untuk di lakukan di rumah dan juga tidak memerlukan tanah atau lahan yang cukup luas.

Bahan dan alat kangkung hidroponik

  • Bibit kangkung
  • Sekam atau pasir dan floral foam
  • Pot 2 buah kecil atau lainnya
  • Air sumur
  • Larutan penyubur tanaman
  • Piasau dan isoalasi kertas.

Cara Membuat Kangkung Hidroponik

Setelah menyiapkan bahan diatas , selanjutnya adalah membuat kangkung dengan media hidroponik. Berikut cara membuat kangkung secara hidroponik :

  • Membuat lubang pada bgian dasar atau bagian bawah pot yang di gunakan. Pembuata lubang ini dengan bantuan alat pemanas solder atau besi kecil yang di panaskan.
  • Kemudian menyiapkan floral foam ( gabus atau sekam ) dan lakukan pengecilan atau membuat segi empat dengan ukuran  3 x 3 x 3 cm dengan ketebalan 3 cm. kemudian buat lah lubang dengan kubus tersebut dengan bantuan pipet atau sedotan minuman.
  • Selanjutnya lakukan perendaman gabus atau floral foam dengan mengunakan air, selama 15-20 menit.
  • Lalu masukan bibit kedalan lubang yang sudah disediakan dalam kubus. Kemudian masukan kubus tersebut ke dalam media pot atau lainnya hingga sampai dasar pot tersebut.

Membuat Pupuk Kangkung Hidroponik

Pembuatan pupuk atau larutan nutrisi sangat berguna untuk pertumbuhan kangkung hidroponik ini. Berikiut cara pembuatan pupuk hidroponik:

Bahan pembuatan pupuk hidroponik

  • 1 sendok pupuk NPK mutiara
  • 1 sendok gandasil daun
  • 1 sendok pupuk cair Greentonik

Jika bahan sudah di sediakan , maka sebelum pemanen selang lima hari lakukan pemerian secara bertahap yaitu dengan pemberian 1 sendok NPK baik yang sudah larut maupun tidak. Kemudian diamkan selama 10-12 hari, lalu lanjutkan dengan pemberian 1 sendok pupuk gandasil kedalam media tanamdan juga bersamaan dengan 1 sendok greentonik.

Dalam media ini sangat di perlukan juga penambahan air secukupnya, agar media tanam tidaklah mudah kering dan megakibatkan kelayuan pada tanaman kangkung.

Pemeliharaan Tanaman

Dalam pemeliharaan dalam media ini harus memperhatikan kualitas dan kelembapan pada media. Hal ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selanjutnya pengontrolan tanaman dari hama dan penyakit yang menyerang.

Penyiraman harus di lakukan juga secukupnya untuk menjaga kualitas pada tanaman, serta cahaya matahari sangat di perlukan dalam tanaman minimal 4-5 jam sehari. Kemudian pemberian pupuk harus di lakukan secara teratur untuk menyuburkan atau mempercepat dalam pemanenan tanaman kangkung.

Pemanen Tanaman

Pemanen tanaman kangkung tidak membutuhkan sangat lama yaitu 2-3 bulan setalh penanaman bahka lebih kurang dari itu tergantung dengan perawatan dan pemeliharaan tanaman. Pemanen di lakukan dengan cara mengangkan media dan menuangkannya atau langsung mencabutnya, hal ini di lakukan dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak dan layu.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme