Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Pepaya California

Cara Budidaya Pepaya California – Pepaya california merupakan salah satu pepaya yang sangat populer di dunia pertanian, bahkan juga pepaya ini sangat dikenali banyak masyarakat dengan luas. Pepaya ini sangat berbeda dengan pepaya jenis dan varietes lainnya mulai dari bentuk tanaman yang pendek, dan juga buah yang bulat besar memanjang.

Selain itu, dalam budidaya dan melakukan penanaman pepaya ini sangat mudah dilakukan dengan media lahan yang tidak membutuhkan luas dan lebar, bisa menggunakan media karung bekas, polibag, drum dan bahkan tempat lainnya. Budidaya dan menanam pepaya california ini tidak membutuhka waktu yang sangat lama dalam 6 – 7 bulan sudah tampak dan bahkan sudah bisa di panen tergantung dengan pemeliharaan dan pertumbuhan tanaman.

1

Penanaman pepaya california ini dilakukan hampir sama dengan pepaya pada umumnya, mulai dari melakukan persemaian, pembibitan, pengelolahan media dan penanaman serta pemeliharaan. Namun, jika masih pemula sangat menyulitkan, tetapi jangan khawatir karena dalam kesempatan ini saya akan membantu untuk menanam dan membudidayakan pepaya california dengan mudah.

Pemilihan benih

Pemilihan benih merupakan salah satu cara untuk menghasilkan pepaya california sebelum melakukan perbanyakan atau budidaya, karena sangat mempengaruhi hasil yang akan di proleh. Kriteria benih yang berkualitas dan unggulan adalah sebagai berikut :

  • Benih berasal dari indukan berkualitas dan unggulan
  • Benih tidak mengalami kecacatan ( abnormal )
  • Benih memiliki perakaran yang banyak
  • Benih / biji memiliki warna yang mengkilap
  • Benih / biji tidak dalam terserang penyakit

Penyemaian benih

Setelah, melakukan pemilihan benih yang unggulan dan berkualitas sebelum ditanam keberbagai media yang lebih lebar dan luas baik lahan maupun lainnya harus terlebih dahulu melakukan persemaiaan beberapa minggu untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

  • Benih yang sudah dipilih, sebaiknya dilakukan perendaman terlebih dahulu dengan larutan fungisida, selama satu malam.
  • Benih yangs sudah diredama, sebaiknya dilakukan pengangkatan dan penyimpanan dengan kain basah bermanfaat untuk menjaga tingkat kelembapan pada benih hingga tumbuh perakaran
  • Benih yang sudah diperam dan disimpan selama satu minggu, siap untuk disemai didalam media polibag yang sudah dicampurkan dengan pupuk anorganik dan organik. Dengan perbandingan 1: 2 pada media tanah dengan pupuk.
  • Lakukan pemeliharaan dengan baik, sampai berukur 1- 2 bulan bahkan lebih.

Penanamanan bibit/benih

Penanaman benih dilahan, harus dilakukan tersebih dahulu pengelolahan media tanam dengan mengemburkan, dan mensuburkan tanah dengan bantuan peralatan cangkul, dan lainnya. Sebelaum, penanaman di lakukan media tanaman terbeih dahulul dilakukan pengapuran, dan pemupukan bertujuan untuk menetralkan media tanah serta mengemburkan tanah.

Media tanah yang sudah gembur, diamkan beberapa minggu sebelum penanaman dilakukan. Setelah berapa minggu dilakukan penanaman dengan cara membuat lubang tanam dengan jarak 2  x 2 bahkan lebih, dengan kedalaman lubang mencapai 4-5 cm lebih. Lalu masukan media benih dengan yang sudah disemaikan dengan cara membuka dari polibag dengan dan menimbunnya kembali dengan media tanah yang di gunakan.  Dalam penanaman pepaya ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari, untuk menjaga kualitas tanaman tetap segar dan tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan pepaya california

Pemeliharaan tanaman atau pohon pepaya california ini biasanya dilakukan dengan sebagai berikut :

  • Melakukan penyiraman dengan maksimal, dua kali dalam sehari.
  • Melakukan sanitasi, atau penyiangan kembali pada tanaman yang tidak tumbuh dan mengantikan dengan tanaman baru.
  • Melakukan pemupukan dasar, untuk tetap menjaga kualitas kesuburan media tanah. Biasanya menggunakan media pupuk urea, zat A, NPK, KCL dan juga sebagainya.
  • Pengendalian hama dan penyakit, dengan melakukan penyemprotan fungsida dan insektisida sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Pemanenan pepaya california

Pemanenan ini lebih cepat dibandingkan dengan pepaya lainnya, biasanya dilakukan pada sekitar 7-9 bulan. Buah pepaya yang dapat dipanen dengan baik adalah buah yang sudah matang menyeluruh, dan juga memiliki warna kekuning – kuningan terang.

Baca juga : 

Pemanenan ini dilakukan dengan cara melakukan pemetikan atau pemotongan tangkai buah dengan bantuan alat gunting maupun pisau tajam, atau secara langsung tanpa merusak tanaman dan buah yang dipanen. Pemanenan ini juga dapat dipanen kembali dengan periode 10 – 15 hari sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme