Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengatasi dan Mengobati Mencret Pada Kucing

Cara Mengatasi dan Mengobati Mencret Pada Kucing – Mencret sering disebut dengan diare merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak dicerna dengan baik didalam sistem pencernaan. Penyakit mencret ini tidak hanya terjadi pada manusia saja, melainkan pada hewan juga terkena penyakit mencret terutamaan pada hewan peliharaan kucing.

2

Kucing yang sudah terkena penyakit mencret ini akan memiliki tanda dan gejala yang khusus seperti mengeluarkan feses cair, gelisah, penurunan nafsu makan dan bahkan juga resiko kematian. Namun, untuk mengatasi penyakit mencret pada kucing ini harus memperhatikan tata cara dan panduan yang tepat agar tidak terjadi kesalahan.

Penyebab terjadi mencret pada kucing

a. Penyebab secara eksternal

  • Produk olahan susu dapat mempengaruhi pencernaan tubuh kucing menjadi mencret. Karena kucing merupakan hewan intoleran terhadapat laktosa, yang tidak dapat mampu mencernaan produk olahan susu.
  • Makanan baru, dengan memberikan makanan yang berbeda akan membuat kucing menjadi diare.
  • Minuman air sembarangan, air yang sudah terkontaminasi bakteri dan virus akan merusak kinerja organ dalam tubuh. sehingga akan mengakibatkan kucing menjadi diare.
  • Makanan sisa, kucing yang mengkonsumsi makanan sisa merupakan penyebab terjadinya diare.

b. Penyebab secara Internal

  • Terinfeksi virus ( rotavirus, adenovirus, norwalk ), bakteri ( shigela, salmonella, dan lainnya ), protozoa ( G. Lamblia, Balantidium Coli ), jamur ( candida ) dan cacing ( askaris, trikuris dan strongiloides ).
  • Malabsorpsi ( kelainan dalam penyerapan zat nutrisi didalam tubuh ).
  • Immunodefisiensi ( kekurangan zat imun yang dapat menurunkan kekebalan tubuh hewan ).

Cara mengobati kucing terkena penyakit diare

  1. Kucing yang sudah terkena penyakit diare sebaiknya dilakukan pemisahan terhadap kucing lainnya ( diisolasikan ) ditempat tertentu.
  2. Lakukan pemeriksaan pada dokter hewan maupun dilakukan sendiri secara fisiologis dan berikan oralit untuk mencegah kucing mengalami dehidrasi
  3. Lakukan pemberian obat anti diare yang sudah disediakan pada dokter hewan dan sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.
  4. Memberikan makanan bergizi untuk mengantikan nutrisi yang sudah hilang saat diare.
  5. Menjaga kebersihan kandang dan juga peralatan yang digunakan.
  6. Namun, jika tidak sembuh sebaiknya kunjungi dokter hewan.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme