Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Pembenihan Udang Galah

Cara Pembenihan Udang Galah – Udang galah adalah salah satu udang yang sangat populer dan juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Selain itu, udang galah dapat di budidayakan dengan mudah dan juga sederhana. Oleh karena itu, sebelum budidaya harus melakukan pembenihan udang galah terlebih dahulu.

1

Pembenihan udang galah sebelum pembudidayaan ini di lakukan dengan cara penyeleksian indukan, pemeliharan indukan, pemijahan, penetasan, dan pemeliharaan larva. Hal ini harus di lakukan dengan baik agar menghasilkan dengan maksimal.

Pembenihan Udang Galah

a. Seleksi Indukan

Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan juga maksimal benih, melakukan penyeleksian indukan dengan memenuhi persyaratan berikut ini.

  • Indukan betina berukuran 40 gram keatas dan jantan 50 gram keatas.
  • Produksi tinggi
  • Berumur 8-20 bulan
  • Pertumbuhan cepat
  • Indukan sudah layak kawin
  • Tidak abnormal ( cacat )

b. Pemeliharaan Indukan

Indukan yang akan di pelihara di kolam dengan kepadatan kolan 3-4 ekor/m2. Lalu di beri makan pelet dengan kandungan berkisar 30 % dari berat bobot ikan. Dalam pemeliharaan ini sebaiknya, indukan jantan dan betina di lakukan pemisahan terleih dahulu baik di kolam atau wadah lainnya.

c. Pemijahan Udang Galah

Pemijahan udang galah ini terjadi di setiap tahunnya, biasanya terjadi perkawinan pada malam hari. Pemijahan ini di lakukan saat udang galah sudah memiliki gonad yang berwarna kekuningan atau orange yang menyebar di bagian gonad tersebut.

Namun, sebelum terjadinya pemijahan indukan betina akan beganti kulit terlebih dahulu. Pada kondisi ini udang akan lemah, setelah sudah tidak lemah maka terjadilah pemijahan indukan jantan dan betina. Pemijahan ini di lakukan di kolam, akuariaum, bak  atau lainnya dengan penebaran 3-4 ekor/ m2. Perbandingan indukan jantan dan betina 1 : 3. Selama dalam proses pemijahan ini di lakukan pemeliharaan dengan memberikan pakan 4 kali dalam sehari dan tunggu hingga 21 hari.

d. Penetasan Telur Udang Galah

Setelah sudah 21 haru proses pemijahan berlangsung, indukan betina akan mengeluarkan telur yang memiliki warna abu-abu. Lalu ambil indukan tersebut dan pindahkan kedalam wadah lainnya yang berukuran 1 x 1 x 0,5 m3. Kemudian rendam indukan kedalam larutan Malacthite green sebanyak 1,5 gram/liter selama 15 menit. Di pastikan indukan akan menetas dalam jangka waktu yang dekat, sebaiknya media wadah memiliki suhu 28-30 derajat celcius untuk mempercepat pertumbuhan udang galah.

e. Pemeliharaan Larva Udang Galah

Pemeliharaan udang galah ini di lakukan di dalam bak yang terbuat dari fibreglass. Pemeliharaan larva ini memperhatikan kondisi air, pemberian pakan teratur dan juga pergantaian air, serta memperantasan hama dan penyakit udang galah. Dengan melakukan hal ini, akan mendapatkan hasil yang sangat berkualitas dan juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Bandeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme