Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan TanamanPertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah salah satu dimana tanaman dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya baik dalam proses penambahan ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible (tidak dapat balik).

Baca: Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang) Lengkap

Umumnya faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal, seperti gen dan hormon dan faktor eksternal, seperti cahaya matahari, suhu, air, kelembaban, nutrisi tanaman, dan media tanah.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

1. Faktor Internal

a. Gen (Genetik)

Gen merupakan pembawa sifat yang diturunkan dari induk ke genarasi selanjutnya. Gen dapat mempengaruhi sifat dan bentuk, seperti batang, akar, daun, bunga dan buah. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman yang memiliki gen unggul dan berkualitas akan tumbuh dan berkembang dengan cepat sesuai dengan periodenya.

b. Hormon

Hormon merupakan suatu zat yang berperan dalam mengendalikan fungsi didalam tanaman. Meskipun memiliki jumlah relatif sedikit, hormon sangat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan. Berikut hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman.

  • Auksin, berperan sebagai proses pemanjangan, pembelahan dan diferensiasi sel.
  • Asam abisat, berperan sebagai untuk penuaan dan penguguran daun.
  • Asam traumalin, berperan sebagai regenerasi sel apabila mengalami kerusakan.
  • Etilen, berperan sebagai pematangan buah dan perontokan daun.
  • Giberelin, berperan sebagai pembentukan biji, perkembangan dan perkecambahan embrio.
  • Sitokinin, berperan sebagai pembelahan sel (sitokenesis), seperti pembentukan akar dan cabang tanaman.
  • Kaolin, berperan sebagai proses organogenesis tanaman.

2. Faktor Eksternal

a. Air dan Kelembaban

Air dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Air merupakan tempat berlangsungnya reaksi kimia didalam tanaman, dan kelembaban merupakan mempengaruhi keberadaan air yang akan diserap oleh tanaman guna mengurangi penguapan dan membantu mempertahankan stabilitas bentuk sel.

b. Cahaya Matahari

Cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbahan dan perkembangan tanaman. hal tersebut mempengaruhi dalam proses pembentukan klorofil, pembukaan stomata, pembentukan antocyanin (pigmen merah) perubahan suhu daun atau batang, penyerapan unsur hara, transpirasi, gerakan protoplasma dan menghambat fotosintesis.

C. Suhu

Suhu  memiliki pengaruh yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dengan suhu yang terlalu rendah dan terlalu tinggi, pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terhambat. Umumnya untuk daerah tropis bersuhu optimum 22-370 C dan suhu optimumnya bersuhu 25-300 C.

d. Nutrisi Tanaman

Nutrisi tanaman merupakan bahan baku dan sumber energi dalam pembentukan metabolisme didalam tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi berupa air dan zat hara larut dalam air. Melalui proses fotosintesis, air dan karbon dioksida akan diubah menjadi zat makanan, sedangkan zat hara tidak di ubah dalam proses fotosintesi namun memiliki peran sangat baik dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

e. Curah Hujan

Curah hujan juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. curah hujan yang kurang, dan jarang akan sangat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain itu mempengaruhi kadar air tanah, aerasi tanah, kelembaban udara dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi tanah.

f. Tanah (Media tanam)

Tanah juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. tanaman akan dapat tumbuh dengan baik apabila sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan unsur hara. Kondisi tanah yang baik ditentukan oleh faktor lingkungan, seperti suhu, kandungan mineral, air, dan derajat keasaman (pH).

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme