Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis-Jenis Bahan Pupuk Kompos

Jenis-Jenis Bahan Pupuk Kompos– Pupuk Kompos merupakan bahan sisa-sisa yang berasal dari makhluk hidup yang telah membusuk dan tidak bermanfaat lagi. Sehingga hal ini dapat di manfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos, dengan tujuan untuk menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

sampah-organik2

Manfaat lainnya juga dapat meningkatkan struktur tanah, mengontrol pH tanah, bahkan juga bisa meningkatkan hasil produksi tanaman. Lihat dengan detail Manfaat Pupuk kompos Untuk tanaman.

Jenis –jenis bahan kompos

Bahan pupuk kompos ini ada beberapa bahan yang di gunakan dalam pembuatan pupuk kompos berupa sampah dari organik dan sampah dari bahan anorganik.

a.Sampah Organik

Sampah organik adalah salah satu bahan utama pembuatan pupuk kompos yang berasal dari makluk hidup, baik manusi, hewan dan tumbuhan.  Sampah organik ini ada dua jenis yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering.

Sampah organik basah adalah sampah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Contohnya kulit buah dan sisa sayuran. Sedangkan sampah organik kering adalah memiliki kandungan air yang rendah contohnya kayu, ranting kering dan dedaunan kering.

b.Sampah anorganik

Sampah anorganik adalah salah satu bahan utama pembuatan pupuk kompos yang berasal dari yang sangat sulit terurai dan busuk. Sampah organik ini tidak sama dengan sampah organik yang mudah terurai. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang terbuat dari plastik dan juga logam.

c.Sampah B3 ( Bahan berbahaya dan beracun)

sampah B3 adalah salah satu jenis sampai yang sangat berbahaya untuk manusia dan tanaman lainnya. Biasanya sampai ini sangat sulit terurai dan tidak dapat bisa di buat untuk pembuatan pupuk kompos, jika di buat tanaman akan mengalami kerusakan. Karena kandungan dari sampah ini mengandung merkuri seperti kaleng bekas cat atau minyak wangi.

Itulah jenis bahan pembuatan pupuk kompos semoga bermanfaat bagi para petani yang ingin membuat pupuk kompos.

Baca juga : Cara Membuat Pupuk Kompos Untuk Lahan Gambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme