Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis – Jenis Terong Budidaya

Jenis – Jenis Terong Budidaya – Tanaman terong memanglah memiliki ragam jenis dan memiliki bentuk yang bervariasi. Selain itu, juga tanaman terong ini memiliki manfaat dan kandungan gizi yang sangat berbeda juga. Oleh karena, banyak sekali yang membudidayakan dan menanam tanaman terong ini terutamannya di indonesia.

1

Secara umumnya, hanya beberapa terong yang dapat di budidayakan dan juga di kembangkan di indonesia yaitu terong unggu, terong belanda, terong telunjuk, terong putih dan terong pipit. Karena terong ini sangat mudah menyesuaikan lingkungan atau lahan, sehingga banyak di budidayakan oleh para petani. Namun, untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut jenis-jenis terong budidaya di indonesia.

Jenis – Jenis Terong Budidaya

a. Terong unggu

Terong unggu merupakan salah satu jenis terong yang banyak di budidayakan di indonesia, karena harga jual yang tinggi dan juga permintaan yang sangat banyak. Terong unggu ini memiliki bentuk bulat memanjang, berwarna unggu mengkilap, memiliki kulit tipis, dan juga memiliki ujung tumpul. Selain itu, tangkai pada batang terong memiliki panjang sekitar 3-5 cm dan hampir menyerupai mahkota.

b. Terong telunjuk

Terong telunjuk ini sudah banyak di kenali dan populer di masyarakat. Selain itu kandungan di dalam terong ini sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Terong ini memiliki bentuk menyerupai telunjuk manusia, berwrna hijau mudah, memiliki garis berwrna putih, tangkai berwrna hijau tua dan kusam dengan panjang 2-3 cm dan memiliki daging lebih relatif sedikit di banding terong unggu. Secara umumnya berat pada terong terong telunjuk ini berkisar 1-2 ons perbuah.

c. Terong belanda

Terong belanda merupakan terong yang sangat di gemari dan di sukai banyak orang, karena terong ini biasa di buat jus dan olahan lainnya dan memiliki manfaat dan besar dan tinggi baik untuk kesehatan tubuh. Terong ini memiliki bentuk bulat, memiliki daging banyak, berwrna kemerahan, daging berwarna kekuningan dan kemerahan, dan memiliki biji yang sangat banyak. Biji tanaman ini berwrna hitam dan juga kecokatan, mengkilap dan juga berlendir.

d. Terong putih

Terong putih merupakan terong yang sangat di gemari juga, karena memiliki kenikmatan tersendiri. Kenikmatan itu berupa olahan dari masakan dan olahan lainnya, memiliki asupan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Terong ini memiliki bentuk beragam mulai dari bentuk bulat telur dan juga bulat lonjong berwrna putih, memiliki daging banyak berwrna putih, memiliki biji yang banyak berwrna hitam dan kecoklatan mengkilap dan berlendir sedikit.

e. Terong pipit

Terong pipit merupakan terong yang banyak di gemari dan di sukai masyarakat, karena terong ini biasaya di olah sebagai bahan tambahan berbagai masakan dan juga tamabahan lainnya. Terong ini memiliki bentuk yang relatif kecil, berwarna hijau mudah, bertangkai pendek, memiliki biji banyak tetapi kecil dan berwarna kehijauan hingga kecoklatan dan berlendir.

Baca juga : Cara Budidaya Terong Dalam Polibag ( Pot )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme