Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Belut

Klasifikasi dan Morfologi Belut – Belut atau dikenal dengan sidat merupakan salah satu jenis hewan yang hidup diperairan tawar yang memilik bentuk tubuh hampir menyerupai ular. Namun belut ini juga tidak memiliki sisik, dan terbentul atas beberapa lapisan kulit luar yang sangat licin.

1

Secara umumnya, belut ini dapat ditemukan di persawahan dan juga rawa – rawa yang memiliki endapan air yang sangat tinggi. Selain itu, belut ini terdiri dari 400 spesies yang menyebar di berbagai daerah terutamanya Indonesia yang memiliki spesies Monopterus albus. Tetapi secara sistematisnya, belut ini dapat diklasifikasi dan morfologikan sebagai berikut.

Baca : Cara Budidaya Belut Dengan Terpal

Klasifikasi belut

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Syinbranchiformes

Famili : Syinbranchidae

Genus : Monopterus

Spesies : Monopterus albus

Morfologi Belut

Belut ini memiliki bentuk tubuh  bulat memanjang dengan panjang mencapai 30-60 cm bahkan lebih tergantung dengan varietesnya, berbentuk bulat dengan diameter 3-4 cm, tidak bersisik dan juga memiliki ekor tumpul. Selain itu, belut ini juga dapat ditemukan pada dua daerah yaitu daerah rawa – rawa dan  laut tergantung dengan jenisnya.  Pada umumnya belut hampir menyerupai ular, namun tidak bersisik dan tersusun dari lapisan kulit yang sangat licin.

Belut ini memiliki warna kemerawan, kehitaman, abu abu kecoklatan, dan juga ada yang berwarna belang – belang. Berat rata – rata belum ini hampir mencapai 3-4 kg perekornya. Bukan hanya itu, saja perkembanganbiakan belut ini tergolong sangat cepat dan banyak sekitar 50- 100 ekor per indukan.

Kandungan gizi belut

Kandungan belut ini sangat beragam dan juga berbeda diantaranya kalori 235 kkal, jumlah lemak 15 ( lemak jenuh 3 gram, lemak tak jenuh ganda 1,2 gram, dan lemak tak jenuh tunggal 9 gram ), kolesterol 161 gram, natrium 65 gram, kalium 349 gram, protein 24 gram, dan juga dilengkapi dengan vitamin C, kalsium, vitamin B6, magnesium, vitamin A, zat besi dan vitamin B12.

Baca juga :

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi belut semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme