Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Koi

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Koi – Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang memiliki harga jual yang tinggi dan juga sangat populer. Ikan ini termasuk dalam famili ikan mas atau “ Ciprynidae ” yang berasal dari negara jepang, dan sudah menyebar keberbagai wilayah lainnya. Ikan koi ini memiliki nama latin “ Cyprinus carpio ” yang memiliki warna yang sangat bervariasi.

1

Ikan koi ini merupakan hasil dari persilangan antara ikan karper dan ikan koi lainnya, sehingga menghasilkan keturunan yang sangat beragam dan memiliki warna yang sangat bervariasi. Ikan koi ini hampir sama memiliki klasifikasi dan morfologinya yaitu perhatikan sebagai berikut.

Klasfikasi Ikan Koi

Kingdom : animalia

Filum : Chordata

Sub filum : Vertebrata

Kelas : Esteichthyes

Ordo : Ostariophysi

Sub Ordo : Teleostei

Famili : Cyprinidae

Genus : Cyrinus

Spesies : Cyprinus carpio

Morfologi Ikan Koi

Ikan koi memiliki bentuk memanjang atau di sebut torpedo, mempunyai sirip punggung, sepasang sirip perut, sepasang sirip dada, dan juga mempunyai sirip di bagian ekor. Pada sirip ikan koi ini terdiri atas jari lunak, jari keras, dan juga memiliki selaput sirip. Alat yang membantu untuk berenag dengan cepat terletak pada bagian selaput sirip atau di sebut sayap.

Ikan koi juga memiliki bentuk kepala yang hampir sama dengan ikan mas koki, yang terdapat kumis kecil ( sungut ) yang di gunakan untuk mendeteksi makanan yang ada di sekitar habitatnya ataupun lainnya. Namun, badan atau bentuk tubuh pada ikan koi terdapat dua jenis yaitu epidermis dan juga dermis. Bagian ini sangat berperan penting bagi ikan terutamanya melindungi dari serangan hama dan penyakit ikan, serta juga melindungi kotoran pada tubuh ikan.

Ikan koi juga memiliki warna yang sangat bervariasi berupa berwarna kemerahan, kekuningan, keputihan, kehitaman, kecoklatan, blaster hitam putih, blastek merah hitam dan lain-lainnya, tergantung dengan varietes pada ikan koi.

Selain itu, bagian struktur pada ikan koi  ini sangatlah banyak yaitu meliputi rongga mata, rongga insang, tengkorak, tulang belakang, sirip dada, tulang rusuk, sirip perut, tulang belakang, sirip punggung, sirip belakang dan sirip ekor.

Itulah klasifikasi dan morfologi ikan koi yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca dan juga para pelajar lainnya

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme