Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol – Jambu bol atau disebut dengan jambu kepala atau jambu merah adalah salah satu jambu yang masih berkerabat dengan jambu-jambuan. Pada umumnya jambu ini memiliki tekstur daging lembut dan padat dibandingkan dengan jambu air.

Nama ilmiah tanaman jambu bol ini adalah  Syzygium malaccense  yang berasal dari Malaka, yang menyebar luar di belahan dunia terutamanya di Asia Tenggara. Tanaman jambu bol memiliki sebutan yang sangat beragam tergantung dengan daerah masing-masing. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Malay apple, jambu jambak (Min), Jambu bool (Sd) dan sebagainya.

Baca: Ciri-Ciri Khusus Kerbau dan Fungsinya

Berdasarkan klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol diantaranya sebagai berikut:

Klasifikasi Jambu Bol

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subkelas: Rosidae

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: Syzygium malaccense (L) Merr & L.M. Perry

Morfologi Jambu Bol

Morfologi tanaman jambu bol dapat dilihat berdasarkan bentuknya seperti akar, batang, daun, bunga dan buah.

1. Morfologi Akar

Akar tanaman jambu bol adalah jenis akar tunggang yang memiliki percabangan berukuran kecil. Perakaran tanaman jambu dapat menembus media tanah berkisar 5-10 m. Akar tersebut berfungsi untuk mengangkut air dari dalam media tanah.

2. Morfologi Batang

Batang tanaman jambu bol memiliki ukuran sedang, dengan mencapai ketinggian 15 m, dengan tumbuh lurus dan bercabang rendah dan bertajuk rimbun padat hingga membentuk bulat. Batang tersebut bertekstur kasar dan berdiameter hingga 20-45 cm bahkan lebih.

3. Morfologi Daun

Daun tanaman jambu bol adalah daun tunggal yang terletak saling berhadapan, dengan memiliki tangkai pendek berkisar 1-1,5 cm, berbentuk lonjong, besar dan menjorong serta memiliki permukaan yang kasar, dengan memiliki pertulangan daun yang menonjol dipermukaan daun tersebut.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman jambu bol tumbuh dan terletak dibagian ranting yang tidak memiliki tumbuh daun, memiliki tangkai pendek dan bergerombol serta berisi 1-12 kuntum. Bunga jambu bol berwarna merah, keungguhan atau jambon. Bunga jambo bol juga memiliki tabung kelopak dengan panjang 1,5-2 cm, dengan mahkota berwarna merah yang berbentuk lonjong/ bundar, sedangkan benang sari dalam setiap bunga sangat banyak, masing-masing memiliki panjang 3,5 cm serta panjang tangkai putik memiliki panjang berkisar 3-4,5 cm.

5. Morfologi Buah

Buah jambu bol berbentuk bulat sampai menjorong, memiliki garis tengah dengan panjang 5-8 cm, berwarna hijau ketika masih mudah dan merah tua ketika sudah tua/matang. Buah jambu bol berdaging padat dengan ketebalan 0,5-2,5 cm berwarna putih, serta memiliki rasa asam manis sampai manis dan memiliki wangi khas.

Buah jambu bol terdapat biji sebutir yang berewarna kecoklatan berukuran besar dan memiliki diameter 2,5-3,5 cm dengan tekstur keras.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme