Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi – Buah Kiwi ( Actinidia deliciosa ) merupakan tanaman buah yang sangat populer dan di kenal banyak masayarakat. Tanaman ini berasal dari Cina, di lembah sungai Yang-Tze, pada tahun 1600-an, buah kiwi ini pertama kali ini bernama yang tao yang di beri nama oleh seorang kaisar Dinashti Khan, karena memiliki nilai rasa yang cukup tinggi.

1

Kemudian buah ini menyebar ke daerah Islandia baru tahun 1904 yang ditanam di dataran tinggi. Seiring dengan perkembangan tahun 1959 buah ini di beri nama denga buah kiwi, bertujuan untuk menandakan sebagai simbol dari Selandia Baru. Buah ini masih berfamili dengan Actinidiacecae yang memiliki warna, dan bentuk yang hampi sama.

Selain itu, menurut dari Liang dan Ferguson tahun 2010, secara botani tanaman buah kiwi terbagi dua jenis baik kiwi berwarna hijau dan juga kiwi berwarna emas diklasifikasikan sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Kiwi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : magnoiopsida

Ordo : Ericales

Famili : Actiisiaceae

Genus : Actinidia

Spesies : Actinidia deliciosa ( A. Chev ) C.F Liang & A. R Ferguson

Morfologi Tanaman Kiwi

a. Buah

Buah kiwi pada umumnya berbentuk oval, dengan ukuran panjang 5-8 cm dan memiliki diameter 4-5 cm. Kulit buah memiliki warna hijau gelap dan kemasan dengan memiliki daging buah berwarna hiaju terang atau kuning emas, serta memiliki barisan biji bewarna hitam kecil yang bisa di konsumsi. Buah ini memiliki terkstur lembut dan memiliki araoma bau yang sangat unik. Kiwi juga memiliki berbulu di bagian permukaan kulit, dan terkadang tidak memiliki bulu.

b. Daun

Daun tanaman kiwi memiliki bentuk oval melingar, berkukuran lumayan besar, dengan permukaan kasar, serta memiliki panjang daun ini memiliki ukuran sekitar 7-12 cm. Daun muda pada kiwi akan di lapisi bulu halus berwarna kemerahan, serta daun tua berwarna hiju gelap dan terda[at bulu halsu yang ada pada permukaan atasnya.

c. Bunga

Bunga kiwi memiliki warna putih kekuningan, beraroma harum, memiliki kelopak antara 5-6 kelopak, dengan luas 2-5 cm, bunga jantan dan bunga betina pada tanaman berbeda akan melekat menjadi satu untuk mengatur proses penyerbukan tanaman. Penyerbukaan ini biasanya di bantu dengan angin, dan juga hewan sekitar tanaman.

d. Batang

Batang tanaman kiwi ini memiliki bentuk bulat memanjang, memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam mulai dari kecoklatan, abu-abu, dan juga kehijauan. Panjang batang tanaman ini sekitar 6-10 meter yang menjalar dan tergantung dengan pertumbuhannya. Batang ini memiliki percabangan yang sangat banyak dari tiap sisi memilii cabang dengan panjang yang sangat bervaraisi. Batang ini memiliki lapisan kulit tipis, dan juga memiliki batang dalam lunak, tetapi mampu menyokong buah, daun, dan bunga pada tanaman ini.

e. Akar

Akar tanaman memiliki akar semu atau tunggang yang memiliki panjang 1-2 meter bahkan lebih di dalam tanah. Akar ini terdiri dari akar serabut yang ada di permukaan tanah dan akar tunggal bagian tanah. Akar tanaman ini memiliki fungsi untuk menyerap kandungan air yang ada di dalam tanah dan juga berguna untuk menyokong bagian batang.

Baca tentang kiwi lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme