Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit – Tanaman kunyit ( Curcuma domestica val ) merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang banyak di kenal banyak orang. Tanaman ini memiliki nama yang sangat banyak di daerah masing-masingnya seperti kunir, kuning, cahang , janar dan lainnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketingian 1300-1600 m dpl, dan curah hujan yang sangat baik.

1
                                                 Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit

Tanaman ini berasal dari india yang menyebar luas ke berbagai daerah pelosok , melalui perdagangan dan lainnya. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman kunyit.

Klasifikasi Tanaman Kunyit

Kerajaan : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiosspermae

Kelas : Monocotyledonae

Ordo : Zingiberales

Familia : Zingiberaceae

Genus : Curcuma

Spesies : Curcuma domestica Val

Morfologi Tanaman Kunyit

Tanaman kunyit meruapakan tanaman jangka panjang atau tahunan dengan dauan besar bertentuk elpis, 3-8 buah, panjang hingga mencapai 85 cm, lebar samai 25 cm, pangkal daun meruncing, dan berwarna hijau mudah atau tua.

Batang tanaman kunyit adalah semu yang berwarna hijau dan keungguan, tinggi batang mencapai 1,60 meter. Perbungan tanaman ini muncul dari rimpang, terletak di batang, ibu tangkai bungan berambut kasar dan rapat. Saat kering memiliki ketebalan mencapai 2-5 mm, panjang 16-40 cm, dauan kelopak berambut berbentuk lanset dengan panajang 4-8 cm, lebar 2-3,5 cm, berwarna hijau, berbentuk bulat telur, dan memilili bagian ujung terbelah-belah.

Bentuk bunga tanaman ini majemuk, mahkota berwana putih. Bagian dalam berupa rimpang yang mempunyai bagian berbeda dengan zingibermwarna bagian dalam kuning jingga atau pusatnya lebih pucat atau warna tidak jelas.

Baca juga :  Manfaat Besar Kandungan Kunyit Bagi Kesehatan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme