Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun – Tanaman mentimun atau sering di sebut timun, memiliki nama latin cucumis sativus L yang berasal dari Thailand menyebar luas hingga indonesia. Tanaman merupakan tanaman merambat yang memiliki batang berwarna hijau memanjang, selain itu memiliki buah bergaris dan berwarna hijau mudah. Serta memiliki jumlah buah dalam satu tanaman mencapai 10-16 buah pertanaman. Lebih jelasnya perhatikan klasifikasi dan morfologi tanaman mentimun.

1

Klasifikasi Tanaman Mentimun

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Cucurbitales

Famili : Cucurbitaceae

Genus : cucumis

Spesies : Cucumis sativa L

Morfologi Tanaman Mentimun

a. Akar

tanaman mentimun memiliki akar tunggang dan berakar serabut. Akar tanaman tunggang dapat tumbuh dengan lurus ke dalam hingga mencapai kedalam 20 -30 cm, sedangkan akar serabut hanya dapat tumbuh di permukaan tanah.

b. Batang

Batang tanaman mentimun berwarna hijau, berbulu dengan panjang mencapai 1,5 meter, banyak mengandung air dan lunak. Mentimun ini mempunyai sulu dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Sulur mentimur merupakan batang yang sudah termodifikasi dan memiliki ujung yang peka di untuk di sentuh. Bila di sentuh akan terjadi perubahan menjadi mengkerut atau masuk kedalam.

c. Daun

Tanaman mentimun memiliki daun berbentuk bulat dengan ujung runcing berganda, memiliki warna hijau muda dan tua. Seain itu, daun bergerigi, berbulu halus, memiliki tulang daun dan bercabang-cabang. Daun ini terletak pada bagian batang yang terdapat disisi batang, yang membentuk berselang seling antara satu daun dengan daun yang di atasnya.

d. Bunga

Tanaman mentimun memilii bungan berwrna kuning dan berbentuk terompet, tanaman ini memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, tetapi masih dalam satu tanaman. Bunga betina memlpunyai bakal buah berbentuk lonjong yang membengkok, sedangkan bungan jantan tidak memiliki bakal buah yang membengkok. Letak bakal buah di bawah mahkota bunga.

e. Buah dan biji

Tanaman mentimun memiliki buah yang terdapat diketiak daun dan batang. Bentuk buah sangat beragam dam bervariasi antara 8-25 cm dan berdiameter 2,3 – 7 cm, serta tergantung dengan varietesnya. Kulit buah memiliki bintik kecil, dan bergaris serta memiliki warna hajau keputih-putihan mudah dan hijau gelap tergantung dengan varietesnya.

Tanaman mentimun memiliki biji berbentuk pipik, berwrna putih atau kekuning-kuningan hingga coklat. Biji dalam satu buah sangat banyak dan juga beragam bentuknya, biji mentimun biasa dapat di gunaka sebagai perbanyakan tanaman.

Baca juga : 10 Manfaat Kandungan Tomat Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme