Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak

Klasifikasi dan Morfolgi Tanaman Sirsak – Tanaman sirsak ( Annona muricata ) Merupakan salah satu tanaman buah yang sangat populer dan juga banyak di kenal masyarat. Tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, sehingga banyak yang membudidayakan tanaman ini.

1

Perlu di ketahui tanaman ini merupakan tanaman tumbuh dengan semarang atau liar tetapi tanaman ini juga bisa di tanam dan di budidayakan dengan baik. Namun, sebelum penanaman sebaiknya mengatahui klasifikasi dan morfologi tanaman sirsak terlebih dahulu.

Klasifikasi Tanaman Sirsak

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / di kotil )

Ordo : Magnoliales

Famili : Annonaceae

Genus : Anonna

Spesies : Annona muricata

Morfologi Tanaman Sirsak

a. Daun

Tanaman sirsak memiliki daun berwarna hijau mudah dan tua  dengan panjang 6-18 cm, lebar 3-7 cm, berbentuk bulat telur, ujung lancip dan ada juga yang tumpul, daun bagian atas mengkilap hujai dan gundul kusam di bagian bawah daun. Daun tanaman sirsak ini memiliki bau yang sangat menyengat dengan tangkai 3-10 mm.

b. Bunga

Tanaman sirsak memiliki bungkai tunggal dan memiliki berbagai macam putik sehingga di disebut berpistil majemuk. Mahkota bunga berjumlah 6 sepalum terdiri 2 lingkaran, berbentuk segitiga, tebal dan kaku, berwarna kuning keputihan dan setelah tua akan mekar dan menjadi buah .

c. Buah

Tanaman sirsak memiliki buah berwarna hijau kekuningan jika mulai matang dan hijau muda ketika masih mudah atau mentil. Bentuk buah sirsak oval dan juga yang loncong, dengan strukut kulit berduri kehitaman dan tidak terlalu tajam. Bagian dalam buah ini lembek, berwarna putih dan memiliki biji berwarna kehitaman.

d. Biji

Tanaman sirsak memiliki biji kehitaman atau coklat berbentuk bulat dan lonjong dengan panang 16,8 mmdan lebar 9,6 mm. Memiliki jumlah yang sangat bervariasi mecapi 20-70 butir biji secara normalnya. Jika biji berwarna putih kecoklatan berarti biji tersebut tidaklah normal.

Baca juga : Manfaat Dan Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme