Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cabe Merah

FREDIKURNIAWAN.COM – Cabe Merah ( chili ) merupakan buah dan tumbuhan anggota dari genus capsicum . Tanaman ini terkenal dan sangat lah terpopuler di asia tenggara , Tanaman ini tergolong sayuran yang banyak sekali di budidayakan di indonesia karena memiliki harga yang sangat lah tinggi serta tanaman ini sangat lah bermanfaat bagi kesehatan salah satunya adalah mengendalikan penyakit kanker .

cabe merah

Klasifikasi Tanamana Cabe Merah

  • Kingdom / kerajaan : Plantae ( Plant )
  • Sub kingdom / kerajaan : Tracheabionta ( Vascular Plants )
  • Super division / super divisi : Spermatophyta ( Seed Plant )
  • Division /divisi : Magnoliophyta ( Flowering Plant )
  • Classing / kelas : Magnolipsida ( Dycotyledons)
  • Sub classis / sub kelas : Asteredae
  • Ordo / bangsa: Solanales
  • Famili /suku : Solanaceae ( Potato family )
  • Genus / marga : Capsicum L. ( pepper )
  • Species / jenis spesies: Capsicum annuum L
  • Binominal Name / Nama latin : Capsicum annuum L
  • Common Name / Nama umum : Cayenne Pepper ( Chili Pepper )

Morfologi Tanaman Cabe Merah

a. Daun

Daun tanaman cabe sangat lah bervariasi menurut spesies dan varitesnya , ada daun yang memiliki bentuk oval loncong , bahkan ada yang lanset. Warna permukaan daun bagian atas hijau mudah , hijau , hijau tua , bahkan kebiruan . sedangkan permukaan daun bagian umumnya berwrana hijau mudah , hijau pucat dan hijau tua . Ukuran panjang pada daun sekitar 3-11 cm dengan lebar 1-5 cm .

b. Batang

Batang pada tanaman cabe akn tumbuh pada ketinggian tertentu saja, kemudian membentuk banyak cabang . Batang untuk cabe merah bisa biasanya ber ukuran antara 1- 2 m bahkan bisa lebih , batang ini berwarna hijau tua , hijau muda dan batang batang yang telah berwarna kecoklatan maka batang sudah mengalami kerusakan pada jaringan parenkim .

c. Akar

akr tanamanan cabe merah memiliki akar yang sangat lah berserabut , Biasanya akar terdapat bintil-bintil yang hasil dari simbiosis dari beberapa mikroorganisme , tidak memiliki akar tunggang , tetapi memiliki akar tunggang semu .

d. Bunga

Bunga pada tanaman cabe merah sangat lah bervariasi , namun memiliki bentuk yang sama yaitu memiliki bentuk bintang . Bunga tumbu di dekat bagian daun , dalam keadaan tunggal atau berkelompok dalam satu tandannya . Dalam satu tandan ( kelompok ) terdapat 2-3 bunga , sedangkan mahkota memiliki bermacam-macam warna yaitu putih , putih kehijauan , dan keungguan. Memiliki dia meter bunga antar 5 – 20 mm .

Bunga tanaman cabe merupakan bunga yang sangat sempurnya , karena bunga jantan dan bunga betina pemasakan di lakukan dengan waktu yang sama . Sedangkan penyerbukan tanaman cabe di bantu dengan angin yang memiliki kecepatan 10 – 20 km/jam .

e. Buah dan Biji

Buah cabe merupakan bagian yang sangat lah penting , memiliki warna yang sangat lah mencolok yaitu bewarna merah dan juga bewrna hijau mudah dan hijau mudah . Sedangkan biji di lakukan pada saat cabe sudah tua dan di lakuka pemetikan lalu di keringkan dan di lakukan persemaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme