Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung – Tanaman jagung merupakan tanaman yang sangat populer dan juga bnyak di kenali masyarakat. Selain itu, tanaman jagung sangat mudah di budidayaan dengan media tanah apapun.
JAGUNGG

Berikut cara kalsifikasi dan morfologi tanaman Jagung :

Klasifikasi Tanaman Jagung

  • Klasifikasi Kingdom : plantae ( tumbuhan )
  • Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan pembuluh )
  • Super Divisi  : spermathopyta ( tumbuhan Berbunga )
  • Divisi             : Magnoliophyta ( Tumbuhan Berbunga )
  • Kelas             : Liliopsida ( monokotil )
  • Sub Kelas     : Commelinidae
  • Ordo              :  poales
  • Famili             : poacae
  • Spesies          : Zea Mays L

Morfologi tanman Jagung

a. Akar Jagung

Akar jagung pada tanaman ini memilki kedalam 8 m tetapi secara umumnya 2 m . Tanaman jagung yang sudah dewasa muncul akar adventif darai buku-buku batang bagian bawah yang dapat membantu menyokong pertumbuhan pada tanaman .

b. Batang Jagung

Batnag pada tanma jagung sangt lah muda terlihat s, batang jaagng hampir menyerupai padi ataupun gandum . tepai batang terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanman terbentuk roset , Dengan batang ruas –raus dan terbusngkus pelepah daun yang muncul dari buku . sehingga batang dapat tumbuh dengan kuat

c. Daun jagung

Daun yang terdapat pada jagung sanagt lah panjang dan sangat lah menyerupai lalang dan juga tumbuhan seperti padi atau pun gandum

d. Bunga Jagung

Jangung memilki bunga jantan dan juga betina yang terpisah dalam satu tanman ,. Tiap kuntum bunga memilki struktur khas bunga dari suku poaceae . yang disebut floret . Pad ajgung dua floret di batasi oleh sepasang glumanae ( gulma tunggal ) . bunga jantan tumbuh pada puncak tanaman . Berupa karanga bunga ( inflorescence ) . serbu sarai berwarna kuning beraroma khas . bunga tersusun ats dalam bongol /tongkol jagung.

e. Tongkol Jagung

Tongkol tumbuh dari buku batang dan pelepah daun . Pada umumnya tanaman ini hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memilki jumlah yang banya bunga betina . buah jagung siapmpanen beberapa varietesyang sanagt lah unggul dapat menghasilkan satu tongkol yang produktif sedangkan bunga jantan yang cenderung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih dini darai pada bunga betinanya ( protandri )

Demikian lah artikel yang saya buat ini semoga membantu anda dalam mengetahui kalsifikasi dan morfologi tanaman jagung .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme