Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Evolusi dan Macam-macam Evolusi

Pengertian Evolusi dan Macam-macam Evolusi – Postingan kali ini akan membahas tentang Evolusi yang meliputi tentang Pengertian Evolusi, Defenisi Evolusi, Jenis-jenis Evolusi dan Macam-macam Evolusi. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Baca: Pengertian Titrasi dan Cara Titrasi

1. Pengertian Evolusi


Evolusi berasal dari bahasa latin Evolvere yang berarti membuka lipatan dan dalam bahasa inggris dengan dengan istilah Exvolvere yang berarti keluar menggulung atau berkembang. Secara umum pengertian evolusi adalah proses perubahan yang dilakukan secara bertingkat atau beransur-ansur, dimana perubahan tersebut akan membentuk dalam  bentuk yang lain, baik dalam bentuk biasa, komplek dan juga dalam bentuk yang lebih baik.

Defenisi lain dari evolusi adalah proses perubahan suatu makhluk hidup yang dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu yang cukup lama dari bentuk yang sederhana kebentuk yang lebih komplek.

2. Pengertian Evolusi Berdasarkan Ilmu Sejarah


Evolusi adalah proses perubahan mulai dari perkembangan ekonomi, politik, dan sosial tanpa adanya paksaan dari waktu ke waktu secara dikit demi sedikit yang dilakukan dalam jangka panjang atau cukup lama.

3. Pengertian Evolusi Berdasarkan Ilmu Pengetahuan Alam


Evolusi adalah suatu proses perkembangan makhluk hidup dari bentuk yang sama sederhana  ke bentuk yang lebih komplek menuju kesempurnaan secara bertahap dalam jangka yang cukup lama.

Ada dua macam evolusi

  • Evolusi Progresif: merupakan perubahan yang dihasilkan oleh spesies yang memiliki kemungkinan untuk melanjutkan kehidupanya selanjutnya.
  • Evolusi Regresif: merupakan perubahan yang dihasilkan oleh spesies yang tidak memiliki kemungkinan untuk melanjutkan kehidupannya selanjutnya.

4. Jenis-Jenis dan Macam-macam Evolusi pada Alam


  • Evolusi Kosmik: merupakan evolusi yang terjadi pada lingkungan yang tidak hidup atau disebut dengan istilah lingkungan abiotik.
  • Evolusi Organis: merupakan evolusi yang terjadi pada lingkungan hidup dari beberapa generasi atau disebut dengan istilah lingkungan biotik.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Evolusi dan Macam-macam Evolusi semoga berguna dan manfaat bagi para pembaca. Namun, apabila ingin menambah atau juga ingin ditanyakan silakan tinggalkan dikolom komentar.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme