Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




√ Pengertian Porifera : Struktur Tubuh, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya Lengkap

Pengertian Porifera, Struktur Tubuh, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya Lengkap Apa itu pengertian Porifera? Bagaimana Struktur tubuh, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Porifera? Simak secara rinci tentang Porifera secara lengkap.

Baca: Pengertian Monera

A. Pengertian Porifera

Porifera berasal dari dua kata, yaitu “Porus” berarti rongga, dan “Ferre” berarti mempunyai, sehingga secara bahasa Porifera adalah hewan yang memiliki rongga. Hewan Porifera ini sangat sulit diketahui karena tidak memiliki kepala, badan, dan anggota tubuh lainnya.

Porifera juga dikenal sebagai spon, yang termasuk kedalam kingdom animalia (Parazoa), dan termasuk kelompok hewan multiseluler (tersusun atas banyak sel).

B. Struktur Tubuh Porifera

Struktur tubuh porifera tersusun atas dua lapisan, yaitu lapisan Endodermis (lapisan dalam) dan lapisan Ekstodermis (lapisan luar), adapun juga lapisan Mesenkim yang terdapat diantara kedua lapisan.

1. Lapisan Endodermis (Lapisan Dalam)

Lapisan Endodermis ini tersusun oleh satu sel, yaitu sel koanosit. Lapisan ini juga terdapat spikula yang terbentuk dari ari skleroblas, sehingga dapat memperkuat dan memperkokoh tubuh dari dalam bahkan sampai usia mencapai ratusan tahun. Spikula ini tersusun dari kalsium karbonat, silica dan juga dari keduanya.

2. Lapisan Mesenkim (Lapisan Tengah)

Lapisan Mesenkim ini terletak diantara kedua lapisan endordermis dan ektodermis. Lapisan ini tersusun dari mesoglea, yaitu suatu zat yang bersifat koloid. Mesoglea ini akan menjadi medium dalam sel amoebosid dalam mengantarkan nutrisi kebagian seluruh tubuh porifera.

3. Lapisan Ektodermis (Lapisan Luar)

Lapisan Ektodermis ini tersusun satu sel, yaitu sel pinosit. Sel pinosit ini berada diluar, berguna untuk menjadi pelindung tubuh dari berbagai macam serangan luar.

Adapun struktur tubuh porifera berdasarkan bentuknya, dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

a. Tipe Ascon

Tipe Ascon merupakan porifera yang memiliki stuktur tubuh paling sederhana, yaitu tempat masuknya air atau ostium langsung berhubungan dengan rongga tubuh dan langsung keluar melalui oskulum.

b. Tipe Sicon

Tipe Sicon merupakan profera yang memiliki struktur tubuh sedikit komplek, yaitu tempat masuknya air atau ostium berhubungan terlebih dahulu dengan cabang rongga tubuh yang siebut saluran inkuren, kemudian menuju saluran radiar lalu baru masuk kes pongsol dan keluar melalui oskulum.

c. Tipe Leocun

Tipe Leocun merupakan porifera yang memiliki stuktur tubuh paling komplek, yaitu tempat masuk air atau ostium berhubungan terlebih dahulu dengan rongga menuju saluran yang dibatasi oileh sel koanosit, kemudian masuk ke saluran berbentuk lingkaran yang berhubungan satu sama lain, setelah itu masuk ke spongosol dan keluar melalui oskulum.

C. Ciri-Ciri Porifera

Ciri-ciri porifera umumnya adalah sebagai berikut:

  • Porifera memiliki pori pada seluruh tubuh, yang berfungsi untuk tempat masuknya air yang mengandung makanan dan oksigen.
  • Porifera adalah hewan multiseluler (memiliki banyak sel).
  • Kerangka tubuh tersusun dari serabut halus dari zat kapur.
  • Profera tidak memiliki sel saraf, namun bereaksi terhadap perubahan lingkungan.
  • Hidup berkoloni (berkelompok).

D. Klasifikasi Porifera

 Porifera terbagi dari 3 kelas, yaitu kelas Calcareae, Hexatinellida,  dan kelas Demospongia. Berikut penjelasannya:

1.Kelas Celcareae

Kelas Celcareae merupakan porifera yang memiliki kerang tubuh (spikula) dari kalsium karbonat. Kelas Celcareae biasanya dapat ditemukan di laut dangkal. Ciri Kelas Celcareae, tubuhnya berwarna pucat, tingginya kurang dari 10 cm dan biasanya berbentuk seperti vas bunga. Contoh kelasa ini adalah Leucosolenia.

2. Kelas Hexatinellidae

Kelas Hexatinellidae merupakan porifera yang memiliki kerangka tubuh spikula bersilikat atau kersik. Ciri Kelas Hexatinellidae ini, yaitu berbentuk silinder atau corong, tubuh berwarna merah pucat, dan hidup di laut dengan kedalaman 200-1000 meter. Contoh kelas ini adalah Euplectella aspergillum.

3. Kelas Demospongia

Kelas Demospongia merupakan porifera yang memiliki kerangka tubuh dari campuran sponging dan zat kersik. Ciri Kelas Demospongia, yaitu tubuhnya berwarna merah cerah, dan mengandung pigmen yang terdapat di Amoebosit, tinggi kurang lebih 2 meter, bentuk tubuh tidak beraturan dan bercabang dan hidup diair laut dan air tawar.

Baca juga: Morfologi Tanaman Kecubung

Demikianlah informasi tentangPorifera : Pengertian, Struktur Tubuh, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya Lengkap . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. TERIMA KASIH.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme