Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.)

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.) ā€“ Kacang Hijau merupakan salah satu komoditas tanaman kacang-kacanan yang banyak dikonsumsi rakyat Indonseia, seperti: bubuk kacang hijau dan isi pnde-onde, dan lain-lain. Tanaman ini memiliki kandungan protein nabati cukup tinggi dan banyak mengandung vitamin, mineral dan omega 3 sehingga tidak heran bahwa tanaman ini banyak dikonsumsi dan dibudidayakan oleh petani Indonesia.

Mengenai budidaya kacang hijau, memanglah memiliki keuntungan yang sangat tinggi dari harga jual dan sistem penanaman. Tanaman ini lebih tahan terhadap hama, tahan kekeringan dan bahkan dapat dipanen dengan cepat pada umur 55-60 hari. Jika masih pemula, untuk membutuhkan tanaman ini harus terlebih dahulu mengetahui syarat tumbuh tanaman kacang hijau agar produktivitas dan pertumbuhan sesuai dengan target yang ditentukan.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau

Media Tanah

  • Struktur tanah gembur.
  • Tekstur : Liat berlempung banyak mengandung bahan organik, aerasi dan drainase baik.
  • pH tanah 5,8-7,0 dan optimal 6,7

Iklim

  • Curah hujan optimal 50-200 mm/bulan
  • Temparatur 25 ā€“ 27 C dengan kelembaban udara 50-80% dan tercukupi mendapatkan sinar matahari

Syarat Ketinggian

  • Tanaman ini dapat ditanam pada dataran rendah hingga ketinggian 700 m (500 -700 m dpl), jika lebih dari itu akan menyebabkan produksi kacang hijau menurun.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau. Smeoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme