Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Kunci Sukses Ternak Kambing Secara Modern

Kunci Sukses Ternak Kambing Secara Modern –  ini adalah peluang  bagi kita semua yang ingin bisnis peternakan  terutamanya ternak kambing secara tradisional dan modern karena mempunyai potensi yang sangat lah besar asalkan di kelola dengan sangat lah serius dan di bekali dengan ilmu pengetahuan anda yang cukup untuk dapat  mengembangkan ternak kambing  modern ini.

kambing

Saat ini mulai banyak peternak kambing yang sudah mengunakan kemajuan teknologi dalam mengembangkan ternak kambing mereka . dengan adanya kemajuan ini peternak kambing semakin tertata dengan baik dan efektif .   beberapa hal yang banyak perubahan dari teknologi ini yaitu dari cari pemberian pakan , jenis pakan  dan kandang yang modern. Pada kesmpatan ini saya akan menjelaskan bagaimana kunci sukses ternak kambing secara modern.

TEKNIK FERMENTASI PAKAN TERNAK KAMBING

Pada peternakan modern saat ini sangat lah memanfaat kan peluang kerja sama dengan produsen obat-obatan sehingga peternak dapat mempermudah dalam penyediaan pakan pada kambing . hal ini dilakukan untuk mengunakan berbagai hasil limbah untuk dijadikan pakan kambing .limbah yang di maksud antara lain: jerami padi , gedebok pisang dan rumput yang kurang mengandung vitamin.

Teknik yang di gunakan adalah terknik fermentasi pakan , contoh simplenya  yaitu: peembuatan fermentasi pakan dari jerami . seperti yang di ketahui bahwa peternakan kambing biasanya mempunyai sawah atau sebaliknya . namun limbah dari sawah atau jerami yang di kenal seringkalai kita liat tidak di gunakan sebagai alat alternatif untuk pakan bagi peternakan dan di biarkan sia-sia begitu saja bahkan di bakar oleh para petani .

Fermentasi jerami simplenya adalah proses pelapukan pada jerami dan menambah nilai nutris dan vitamin pada jerami , sehingga jerami bisa berfungsi sebagai pakan utama pada peternak  untuk penganti pakan hijauan . proses ini di lakukan dengan mengumpulkan jerami , menimbunya tipis 30 cm  dan di siram dengan beberapa campuran  bahan fermentasi yaitu urea . diamkan selama 14 -21 hari sehingga jerami bisa di konsumsi oleh ternak kambing .

jerami

Bahan pakan fermentasi dari jerami terhitung sangat lah murah dalam biaya dan sangat lah mudah dalam membuatnya tidak perlua anda mengarit atau mencari pakan hijaun untuk kambing . hasil fermentasi juga bisa di packing juga seperti dadu agar dapat di simpan dengan rapi diatas kandang ataupun di gudang pakan agar bisa menjadi stok pakan berikutnya . teknik fermentasi ini adalah ternik modern yanga sangat lah irit pakan , irit biaya dan hasilnya lebih maksimal . denagn pemanfaat fermentasi jerami dapat membantu proses pengemukan kambing .

BENTUK KANDANG PETERNAK MODERN

Peternak modern telah mengunakan bentuk kandang panggung , dengan maksud :

1. supaya peternak dapat membersikan kotoran kambing dengan sangat lah mudah

2. peternak bisa mengumpulkan air seni kambing , agar bisa menjadi pupuk organik cair.

3. bentuk kandang panggung maka kambing tidak akan bersentuhan langsung dengan kotorannya sehingga kesehatan pada kambing tetap terjaga .

4. dengan kandang pangung , pemilik dapat menyeleksi kambing yang sehat dan yang terkena penyakit serta menyeksi umur pada kambing.

images (1)

Jadi  pakan yang di fermentasi dan juga bentuk kandang panggunga dalah kombinasi agar bisa menghasilkan input yang maksimalkan untuk hasil ternak. Teknik ternak kambing secara modren ini belum banyak di lakukan peternakan di indonesia . jadi anda harus lah mencoba nya agar peternakan yang ada di indonesia semakain sejahtera dan mandiri.

 Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme