Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Pemanenan Buah Kakao Dengan Baik

Tips Pemanenan Buah Kakao Dengan Baik – Tanaman buah kakao dapat di panen saat berumur 2,5-3 tahun setelah masa penanaman. Produksi pertama buah kakao sangat cendrung sedikit dan akan terus meningkat seiringan pertambahan umur.

kakao

Produksi buah kakao optimal dicapai pada umur 7 – 11 tahun, sekitar 1,8 tahun biji kakao kering perhektar per tahun. Produksi tanaman ini akan menutun jika tanaman sudah tua.

Buah kakao di hasilkan dari proses penyerbukan bunga  jantan dan betina yang menempel pada bagian batang tanaman. Sehingga bunga teresbut tumbuh pada batang dan menghasilkan buah kakao yang besar dan berkualitas.

Buah kakao yang siap panen

Buah kakao yang sudah matang dan siap di petik adalah buah kakao yang memiliki kreteria sebagai berikut :

  • Kulit buah sudah berubah warna secara sempurna.
  • Tangkai buah sudah mulai mengering.
  • Buah kakao mengeluarkan bunyi jika di goncangkan.

Cara pemanenan buah kakao

Cara pemanenan buah kakao yang benar merujuk beberapa hal  meliputi rotasi panen, teknik pemetikan, pengupasan buah serta persiapan pasca panen.

Rotasi panen

Panen buah kakao sebaiknya sesering mungkin. Minimal 7-10 hari sekali. Panen yang sering bertujuan untuk memutuskan siklus hidup hama penggerek buah kakao dan mencegah [enularan penyakit busuk pada buah kakao

Teknik pemetikan

Pemetikan buah kakao ,erupakan hal yang sangat perlu diperhatikan dalam melakukan pemanenan. Cara pemetikan yang salah akan mengakibatkan penurunan produksi tanaman kakao pada bulan berikutnya.

Pemetikan ini dilakukan dengan pemotongan tangkai buah mengunakan bantuan alat berupa gunting, pisau dan semacamnya. Pemotongan tangkai dilakukan sedekat mungkin dengan buahnya yaitu menyisakan tangkai dengan panjang 1-1,5 cm. Bertujuan untuk membentuknya bunga kembali dibekas tangkai tersebut.

Pengupasan dan pengelolahan

Setelah buah kakao di panen dan dikumpulkan. Selanjutnya yang dilakukan adalah pengupasan buah dan pengambilan biji.

Pengupasan buah dilakukan dengan memecahkan kulit buah mengunakan bantuan benda tumpul seperti kayu, bambu dan lainnya. Pengupasan mengunakan bantuan benda tajam seperti golok dan lainnya tetapi sebaiknya hindari hal ini karena akan melukai biji yang ada di dalam buah kakao.

Biji kakao yan terdapat didalam buah kemudian diambil dan di kumpulkan dalam wadah plastik atau tempat lainnya yang bersoih untuk kemudian diolah menjadi biji kakao kering yang siap untuk dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme