Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Pengemukan Ternak Sapi Potong

Tips Pengemukan Ternak Sapi Potong  Pengemukan pada sapi sangat lah di perlukan untuk mendapatkan kan sebuah bobot yang sangat tinggi , Maka dari itu bobot ini sangat lah sangat lah harus di perhtaikan dengan berbagai cara . Untuk menghasilkan sebuh ternak sapi yang sangat lah bagus maka dari itu program pengemukan ini sangat lah di perlukan .

sapi potong

Dalam pengemukan ini memiliki keuntungan yang sangat lah luar biasa di bandingkan tidak adanya program pengemukannya. Beberapa gfaktor yang sangat lah mempengaruhi sebuah pengemukan yaitu pemberian pakan , Luas lahan yang tidak lah memadai , umur dan kondisi sapi yang di gemukan serta lam pengemukan .

Ada beberapa cara pnegemukan yang harus di perhatikan seperti haln ya di luar negeri mengunakan sistem Pasture Fattening , Dry Lot fattening , Dan Kombinasi .  Sedang kan di indonesia mengunakan sebuah sistem keraman atau sistem paron ( Timor )

Sistem keraman merupakan sebuah sistem pengemukan secara ektensif , Pengemukan dengan cara ini sangat lah menguntungkan selain itu juga dapat menungkatkan sebuah daya jual pada sapi dan menambah nilai tambahan terhadap kotoran ternak sapi sebagai pupuk kandang yang di hasilkan .

Banyak sekali di indonesi mengunakan cara pengemukan dengan sistem intensif terutamanya pada tempat atau daerah-daerah yang mempunyai keseterdiaan pakan hijauan yang sangat lah memadai . Cara pengumukan sistem intensif meliputi :

  • Ternak sapi di lakukan pemeliharaan di dalam kandang terus menerus dan tidak di lakukan pengembalaan .
  • Semua kebutuhan ternak seperti pakan hijaun dan konsentrat di berikan di kandang saja
  • Pada ternak sapi yang di gemukan tidak untuk di jadikan sapi pekerja , Hal ini akan membuat daging terasa berbeda dan lebih keras tidak lembut .
  • Agar lebih maksimal dan juga optimal sapi di berikan nutrisi yang cukup , Dan juga anda perhatikan bahwa sapi terhindar dari penyakit cacingan .
  • Dan jika anda ingin meningkatkan sebuah palatabiliti sebaiknya memberikan sebuah vitamin dan juga molases untuk meningkatkan nafsu makan ternak.
  • Jika hal ini anda lakukan dengan baik maka bobot badan pada sapi yang di gemukan akan meningkat dengan cepat dengan kisaran 3 – 10 bulan

Syarat Pakan Ternak Sapi

  • Banyak mengandung zat gizi yang di perluka oleh ternak sapi seprti mengandung protein , karbohidrat , lemak , vitamin dan mineral
  • Pilih lah Pakan yang di sukai ternak
  • Lakukan pembersihan pada tempat pakan dan juga sisih kan pakan yang tdak layak untuk di konsumsi olehternak sapi .
  • Hindari pakan yang sudah busuk dan juga rusak dan bercendawan .
  • Dan hindari juga pakan yang sudah mengembun yang menyebabkan perut sapi mengalami kembung ( kejang perut )yang di sebut timpani , Pada ternak sapi

Jenis Pakan Ternak Sapi

1.Pakan Hijauan

Pakan hijauan adalah pakan utama ternak sapi dalam sistem pengemukan seprti rumput yang unggul , rumput lokal , leguminosa , limbah pertanian dan limbah agroindustri . Rumput unggul meliputi :Rumput gajah , Rumput raja ,  Rumput lantoro , Rumput setaria dan rumput mexico. Sedangkan pakan hijaun berupa dedaunan seperti leguminosa ( kacang-kacangan ) misalnya centro , siratro , lamtoro dan gamal . Dan hasil tanaman pertanian berupa limbah pertanian yaitu jerami padi , jerami kacang tanah , kacang kedelai , pucuk daun mudah dan lainnya .

Sebagai bahan pakan alternatif penyediaan pakan sepanjang tahun sebaiknya menanam pakan  hijauan dengan sistem 3 strata yaitu meliputi :

  • Strata -1 : Tanaman rumput potong misalnya rumput gajah , Penniseto Purpureum , Panicum Maxcimum , Andropogon Gayamus , Setria Sp dan lain-lain .
  • Strata -2 : Tanaman hortikulture ( tanaman pangan ).
  • Strata -3 : Tanaman legum pohon misalnya sengon , waru , lamtoro dan gamal .

2.Pakan Penguat ( Konsentrat )

Pakan konsentrat merupakan sebuah pakan campuran untuk melengkapi kekurangan giji dari pakan hijauan pakan ternak . Bahan pakan konsentrak yang sangat lah bagus di jadikan pakan ternak adalah dedak padi , bungkil kelapa , jagung giling , bingkil kacang tanah , ampas tahu , ampas kecap dan lainnya .

Bahan campuran yang di berikan pada ternak sangat lah tergantung pada harga dan juga ketersedian bahan pakan . Ada beberapa penelitian dari parah ahli pencampuran konsentrat bahan pakan dalam pemberian sistem penegmukan sapi potong meliputi :

  • Campuran 70 % dedak padi dan 30 % bungkil kelapa , Kemudian tambahkan dengan 0,5 % tepu g tulang dan 1 % garam dapur .
  • Campurkan 2 bagian dedak tambahkan 1 bagian bungkil kelapa dan tambahkan 1 bagian jagung . kemudian menambahkan tepung tulang dan garam dapur sekitar 1 – 2 % kedalam campuran pakan ternak sapi potong .
  • Campurkan 70 % dedak padi tambahkan 25 % bungkil kelapa dan tambahkan 5 % jagung giling . Kemudian menambahkan 1% tepung tulang dan garam dapur secukupnya .

Pemberian pakan Ternak sapi

Pakan yang di berikan pada ternak sapi pengemukan , Yang bertujauan untuk  meningkatkan bobot badan pada sapi potong dalam jangka waktu yang sangat lah singkat . Untuk itu pemberian pakan ternak hendaknya di sesuaikan dengan kebutuhan ternak baik dari kualitas maupun kuantitas . yaitu di berikan pakan hijauan sebanyak 10 -12 % dan juga pakan konsentrak 1 – 2 % dari bobot badan sapi potong .

Pada pemberian pakan ini sebaiknya pemberian pakan hijauan di berikan 3 kali dalam sehari yaitu jam 08.00 , 12.00 dan jam 17.00 . Sedangakan pakan konsentrat di berikan pagi sekali sebelum pemberian pakan hijauan , Namun sebaiknya anda memberikan sedikit tambahan hijaun pada sedikit sebelum pemberian konsentrat pada ternak sapi .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme