Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




12 Cara Semai Benih Pepaya California Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat

12 Cara Semai BenihPepaya California Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah LebatSemai (perkecamabhan ) merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan bibit yang unggul dan berkualitas serta menghasilkan tanaman yang berproduktif.

Baca: 8 Cara Memilih Bibit Durian Bawor Unggul dan Cepat Berbuah

Penyemaian ini bisa memang sangat sederhana dilakukan, namun bagi pemula akan sangat sulit dilakukan karena kurangnya pengalaman atau belum pernah melakukan penyemaian pada berbagai tanaman. Untuk itu, kami akan membantu sedikit informasi mengenai cara penyemaian biji/benih pepaya California dengan tepat dan benar sehingga tumbuh dan berbuah.

1.Belilah benih/biji di Toko Pertanian

Untuk menghasilkan bibit pepaya California unggul dan berkualitas pastikan, jangan mengambilnya dari buah melainkan beli di took pertanian terdekat yang sudah tersertifikasi sehingga akan menghasilkan bibit pepaya yang berkualitas.

2.Pengecekan Benih yang dibeli

Benih yang sudah dibeli sebaiknya cek terlebih dahulu sebelum dilakukan penyemaian, dengan cara merendamnya dengan air. Apabila benih tenggelam maka benih tersebut bagus dan bisa disemai, sedangkan benih yang mengapung dibuang.

3.Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan alat dan bahan berupa, air hangat  250 cc (50 derajat celcius), kertas merang (buram), lampu 5 Watt, Kardus bekas Aqua 1,5 liter, Handuk (Kain kecil), Sprayer 1 liter, Larutan fungisida, atau sebagainya, Papan Nampan (Plastik), dan benih pepaya California.

4.Rendam Benih Dengan Air Hangat

Setelah sudah dilakukan seleksi, rendamlah benih selama 1 -2 malam dengan air hangat dan juga berikan beberapa larutan fungisida, bakterisida dan sebagainya. Bertujuan agak benih dapat tumbuh dengan cepat dan juga tahan terhadap beberapa penyakit.

5.Proses Penyaringan dan Pencucian

Proses ini dilakukan setelah perendaman sudah selesai dilakukan, lakukan pencucian dan penyaringan benih yang sudah rendam dan ditiriskan.

6.Siapkan Kertas Buram (merang) dan Handuk

Kertas merang dan handuk ini digunakan untuk menjaga kelembaban serta penyemaian lanjutan. Siapkan beberapa kerta buram dan handuk yang suh dibasahi oleh sprayer sampai merata.

7.Penataan Benih dan Pembungkus Benih

Lakukan penataan benih yang sudah direndam dan dibungkus oleh kertas  dalam bentuk persegi empat, kemudian dibungkus kembali dengan handuk basah.

8. Peletakan Benih Kenampan

Letakan benih pepaya California yang sudah dibungkus kertas meram dan handuk basa kedalam nampan plastic.

9.Masukan Kedalam Kardus Bekas Aqua

Kemudian nampan plastic yang ada terdapat benih di masukan kedalam kardus aqua 1,5 liter, dan berikan lampu 5 watt dengan cara mengantungnya 35-40 cm dari permukaan  kardus aqua.

10.Diamkan Selama beberapa hari

Biarkan benih  di dalam kardus selama 7-8 haru (sampai benih pecah), tetap jaga handuk dan kertas merang tetap basah dengan cara menyemprot sprayer apabila terlihat kering semprot 1 hari sekali.

11. Munculnya Perkecambahan Benih Pepaya

Apabula benih pepaya sudah pecaha dan berkecambah makan ditandai dengan munculnya radikular akar yang berwarna putih bening langsung di pindahkan ke media semai yang sudah disiapkan.

12.Proses Pemindahan

Proses pemindahan semai bisa dilakukan dengan media tanam polibag atau penyebaran di lahan secara langsung. Namun, sebaiknya untuk pemindahan awal dilakukan ke media tanam polibag terlebih dahulu hingga umur 2-3 bulan, bisa dilakukan pemindahan ke lahan secara langsung.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang 12 Cara Semai Biji Pepaya California Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme