Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

10 Fakta Unik Tentang Bunga Matahari

10 Fakta Unik Tentang Bunga Matahari – Bunga matahari adalah salah satu tanaman yang sudah banyak dikenal dan juga populer dikalangan berbagai masyarakat. Bunga matahari ini memiliki nama latin Helianthus annuus L yang merupakan salah satu tanaman semusim yang tergolong dalam suku kenikir – kenikiran. Bunga matahari ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak yang baik, serta juga memiliki warna kuning cerah, tumbuh besar, dan juga bunga tersusun secara majemuk.

1

Bukan hanya itu saja, bunga matahari ini memiliki ciri yang unik yaitu bunga selalu menghadap kematahari atau heliotropisme. Selain itu, tanaman bunga matahari ini juga di kenal juga dengan sebutan pengelana matahari didaerah Prancis. Sedangkan bunga matahari didaerah Ukraina, Kansas, dan Amerika Serikat ini merupakan bunga nasional.  Namun, ada beberapa makna dan juga fakta menarik lainnya bunga matahari  yang bisa di dapatkan menurut beberapa situs yang beradar diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tanaman bunga matahari mempunyai benih yang dapat digunakan sebagai penghasil minyak yang sangat tinggi yang biasanya di gunakan untuk memasak, cat, makanan hewani maupun biosel yang sudah dilakukan pengelolahan tertentu.
  2. Bunga matahari dapat tumbuh tinggi 25 kaki bahkan lebih tahun 1986 di Belanda, fakta uniknya tanaman bunga matahari ini tidak dapat tumbuh dengan ketinggian seperti itu.
  3. Kepala bunga matahari ini dapat mencapai diameter 32 – 35 inci di Kanada.
  4. Bunga matahari ini juga memiliki beberapa jenis dan varietes sekitar 60 jenis yang menyebar di berbagai seluruh dunia. Namun ternyata hanya beberapa saja yang di temukan oleh para peneliti.
  5. Bunga matahari ini memiliki benih dengan banyak sekitar 2.000 benih perbunga, faktanya uniknya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa benih yang dihasilkan ini sangat banyak.
  6. Bunga matahari ini juga banyak disembah dan juga di percaya oleh bangsa Aztec, bahwa bunga matahari ini muncul dikarena dewa matahari.
  7. Bunga matahari ini selalu menghadap kearah matahari atau di kenal dengan sebutan heliotropisme.
  8. Bunga matahari juga memiliki nama latin Helianthus, dan juga termasuk kedalam famili kenikir – kenikir.
  9. Bunga matahari ini memiliki nama yang berbeda – beda tergantung dengan letak atau wilayah masing – masing seperti daerah Perancis dengan sebutan tournesol atau di kenal dengan pengelana matahari dan lainnya.
  10. Bunga matahari juga sangat di percaya dan di gunakan sebagai lambang nasional oleh beberapa negara di antara Ukraina, Kansas, dan Amerika Serikat.

Baca juga :

Demikianlah ulasan mengenai 10 fakta unik tentang bunga matahari dari berbagai sumber semoga informasi berguna dan bermanfaat. Jangan lupa Subcribe !! dapat artikel lainnya dengan offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme