Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Untung Besar

Cara Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Untung Besar – cacing tanah ( invertebrat ) merupakan hewan yang sangatlah tidak asing lagi bagi masyarakat terutamaanya di perdesaan . Hewan ini memiliki perkembang biakan yang sangat lah cepat dan sangatlah cepat di budidayakan . Banyak sekali yang tidak mengetahui bahwa usaha cacing tanah ini sangatlah menjanjikan di karena banyak nya hewan lain yang suka memakan caing tanah ini .

cacing

 Jenis Cacing Yang Biasa  Dibudidayakan

  1. Lumbricus : yang mempunyai bentuk tubuh yang pipih, jumlah segemnya 90 -192 dan klitelum yang terletak pada segemen 27-32 .
  2. Phiretima : memilki segmen 95 -150 , kliteliumnya terletak pada segmen 14-16 , tubuhnya panjang dan silindris berwarna keunguan , contoh cacing ini : cacing merah , cacing koot dan cacing kalung .
  3. Perionyx : berbentuk gilik berwarna ungu tua sampai merah kecoklatan dan bersegmen 75 -165 dan berklitelum terletak pada segmen 13-17.

 Manfaat Cacing Tanah

  1. Bahan pakan ternak pada unggas , ikan udang dan kodok
  2. Bahan baku obat dan ramuan untuk mengobati penyakit seperti : reamatik , tekanan darah, sendi , sakit gigi dan tipus.
  3. Bahan baku kosmetik . cacing dapat di olah sebagai lipstik dan juga pelembab alami pada kulit
  4. Makanan manusai hal ini di campur dengan makanan lainnya yang dapat memperlancar metabolisme serta menjaga kesehatan.

 Cara Budidaya Dan lokasi Cacing Tanah

  1. Media tanah harus mengandung zat dan bahan organik fdalam jumlah yang cukup tinggi.
  2. Organik ini berasal dari hal yang suda di fermentasi seperti kotoran ternak dan sayran yang sudah membusuk serta hewan yang sudah mati.
  3. Media tanah harus memiliki zart keasaman dengan PH 6-7 bertujuan agar perkembangan cacing tanah dapat berkembang dengan cepat.
  4. Sebaiknya klembapan pada tana yang idealnya antara 15 – 25 % , sedangkan suhu yang di perlukan sekitar 15- 30 derajat .
  5. Setelah itu pemeliharaan cacaing tanha sebaiknya di ruamg yang sangatlah gelap dan tidaklah terkena dengan cahaya matahari

 Cara Budidaya Cacing Tanah

  1. Persiapan kandang dan juga peraatan dalam pembuatan kandang yang terampil murah
  2. Pembibitan sangatlah di perlukan karena dengan bibit yang unggul maka akan menghasilakn jug acacing yang sangatlah unggul . Hal ini bisa di dapatkan dengan cara mencarinya maupun membelinya
  3. Pemliharaan dengan cara pemberian pakan seperti kotoran hewan yang sudah matang lalau di jadikan bubur lalau di campurkan kedalam tanah .

Pengendalian Hama Cacing Tanah

Pengendalian hama ini ini berupa semut , kumbang , burng ,lalat , tikus , unggas dan lainnya . Hal ini dapat di cegah dengan cara menutup rapat sebuah lingkungan sekitar budidaya cacaing tanah dengan serapat mungkin tanpa hewan yang masuk sekali pun

 Pasca Panen cacing Tanah

Cacinng tanah memilki keuntunganyang sangatlah besar anda bis memanen cacingnya dan juga tanah juga bisa anda jual karena dapat menyuburkan tanmana sayuran . cara pemanenan yautu dengan cara membalikan tempat budidaya cacaing tanah itu dan lalau ambil cacaing tanah dan sisihkan ketempat yang tidak terkenah cahaya matahari karena cacing sensitif dengan cahaya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme