Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya IKan Gurami Dalam Terpal

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Gurami Dalam Terpal  – ikan gurami banyak lah di sukai oleh pecinta kulinar yang ada di indonesia karen adaginga yang gurit dan lezat banyak sekali yang menyukainya , budidaya ikan gurami adalah bisnis yang sangatlah tinggi kdari pada ikan yang lainnya , usaha gurami ini bisa di seimbangkan dengan modal anda yang sesuai . dari modal kecil maupun yang besar juga bisa meningkatkan budidaya ikan gurami anda . maka dari itu budidaya ikan gurami sangat lah terbuka dan juga untuk siapa aja yang ingin membudidayakan.

BUDIDAYA  IKAN GURAMI DENGAN TERPAL

Untuk anda yang tidak memilki lokasi yang kurang memadai  , anda juga bisa membudidayakan dengan terpal . ikan gurami intinya memerlukan air yang sangat lah cukup .. pembuatan kolam ini sangat lah menghemat untuk anda dan  untuk gurami lainnya .

terpal

Dalam pembuatan kolam terpal anda harus menghitung ikan yang akan di budidayakan terlebih dahulu . jangan sampai jumlah ikan tidak sesuai dengan ukuran terpal yang di buat dan akan menimbulkan ikan stres mengakibkan kematian. Untuk ukuran kolam  1 x 1 meter dengan kedalaman 90 cm dengan 10 ekor ikan gurami dengan bobot 2.5 ons.

Bila ikan gurami telah besar jumlah nya akan di kurangi  , jika tidak maka akan mengalami air kurang  , langkah ini bisa di tangani dengan cara mengalirkan air lama dan di ganti dengan air baru lagi dengan cara penyaringan .

PEMBUATAN KOLAM DARI TERPAL

Secara umum kolam terpal ikan gurami memilki dua cara yaitu :

  1. mengalih tanah dengan kedalaman 90 cm lalu terpal akan di pasang kedalam galian tersebut.
  2. menempatkan tanah di permukaan tanah tanpa mengalih tanah,dengan pertolangan kayu ataupun besih yang menyerupai bak dan persegi empat.

Sesudah kolam selesai di buat maka selanjutnya yaitu isi ikan gurami di dalam koalm terpal, yang di buat tadi  , kemudian terpal keadaan yang sangat lah bersih dari penyakit dan terhinfdar dari bahaya . perlu di ketahu bahwa terpal mengandung zat pewarna jadi anda juga harus mencucinya sebelum memauskan ikan guraminya dan untuk membunuh patogen harus di siram air garam 2 ons .yakinlah setelah itu ikan tak akan terserang penyakit dan dapat berkembang biak dengan baik.

PEMELIHARAAN IKAN GURAMI

Ikan gurami di beri makan 2 x sehari yaitu dengan pelet yang memilki kandungan protein 25  – 30 persen . sebainya pemberian makan dengan pelet agak lah jangan terlalu sering agar kandunga yang di makan tidak itu saja , setiap sebulan 1 x ataupun seminggu sekali di beri makanan organik seperti sayuran dan dedaunan agar perkembangannya tetap normal dan stabil.

Pada budidaya dengan terpal ini hindari pemberi makanan yang sangat lah berlebihan karena akan menimbulkan penyakit juga , karena kalau makan tersisa pada kolam maka kandungan air akan terkena zat amniak yang sangatlah berbaya bagi pertumbuhan ikan gurami . oleh karena itu jaga juga kondisi keadaan air sehingga kesehatan ikan akan tetap terjaga .

Sebenarnya sistem ketahanan pada ikan gurami sangat lah kebal terhadap kondisi air yang kurang baik , namun anda juga harus sering mengecek tingkat kebersihan air dengan melakukan penyaringan tiap sklanya . dan juga sering menganti air pada kolam terpal,ini agar ikan tidak mudah terinfeksi , serta menyeksi ikan yang terkena penyakit agar ikan yang lain tidak  tertular dengan lainnya .

Itulah budidya ikan gurami dengan terpal yang sangat lah hemat pada lokasi yang sangat lah sempit semoga anda juga mau melakuakan budidaya ini karena budidaya ini sangat lah menjanjikan

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme