Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Budidaya Tanaman Lidah Buaya Dengan Pot ( Polibag )

Budidaya Tanaman Lidah Buaya Dengan Pot ( Polibag ) – Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang sudah di kenal di indonesia karena memiliki manfaat sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit. Belakangan ini tanaman ini sangat populer dan tren karena memiliki manfaat yang sangat luas dan juga memiliki kegunaan yang besar di bidang industri, pertanian dan lainnya.

1

                                    Budidayan Lidah Buaya Dengan Polibag atau Pot

Semakin meningkatnya permintaan dan juga harga yang tinggi, para petani pastinya ingin membudidayakan tanaman lidah buaya ini  tanpa lahan luas dan juga sangat mudah. Oleh karena, dalam kesempatan ini fredi akan mengulas dan memberi informasi cara membudidayakan lidah buaya dengan pot atau polibag.

Persiapan media

Pertama sekali untuk menghasilkan lidah buaya yang berkualitas harus memperhatikan media tanah yang di gunakan sebelum penanaman. Media tanam yang di gunakan adalah tanah yang gembur, subur dan juga banyak mengandung bahan organik. Persiapan media tanah ini harus melakukan tahapan berikut ini:

  • Mencari tanah untuk media tanam, menggunkan media tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan membajak dan meratakannya dengan bantuan cangkul.
  • Dalam peretaan ini harus memberikan tambahan pupuk kandang atau kompos tambahan air secukupnya.
  • Sebelum penanaman sebaiknya media tanam diamkan 4-5 hari, sebelum tanam dan memasukannya kedalam media pot ( Polibag ).
  • Pot atau polibag yang di gunakan dalam penanaman tanaman lidah buaya tergantung dengan pemilik baik besar, sedang maupun kecil.

Pembibitan Tanaman

Pembibitan tanaman lidah buaya ini di lakukan dengan cara generatif, yaitu dengan cara mencari anakan pada indukan tanaman lidah buaya. Hal ini di lakukan dengan cara mencabut atau mencongkel dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman lidah buaya. Lalu memindahkannya ke media tanam.

Dalam pembibtan  tanaman lidah buaya membutuhkan waktu 3-5 minggu . Hal ini bertujuan agar tanaman lidah buaya tidak mudah terserang hama dan penyakit. Serta tumbuh dengan cepat.

Penanaman tanaman

Sebelum penanaman lakukan pemasukan media tanah kedalam pot atau polibag, dengan cara perlahan-lahan dan jangan sampai terlalu penuh. Kemudian sebelum tanam buatlah lubang tanam dengan kedalam 2-4 cm. Kemudian masukan bibit yang sudah disiapkan lalu tanam ke lubang tanam dan berikan juga tanah di dalam lubang sampai tertutup. Lalu siram hingga basah.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman lidah buaya dalam pot atau polibag ini tidaklah serumit yang di bayangkan yaitu berupa penyiraman, penyiangan , dan pemupukan. Penyiraman tanaman ini di lakukan 2 kali dalam satu hari yaitu pagi dan sore hari. Penyiangan tanaman ini di lakukan dengan membersihkan tanaman liar yang menganggu tanaman lidah buaya. Sedangkan pemupukan tanaman ini di lakukan secara berskala 2-3 bulan sekali atau dua kali tergantung dengan pemilik. Pupuk yang di berikan berupa urea, tsp dan juga pupuk lainnya yang menyuburkan tanaman.

Pemanenan Tanaman

Tanaman lidah buaya dengan media ini sama dengan pemanen pada umumnya yaiti 12-18 bulan setaleh tanam. Tetapi pemanen tanaman ini bisa di lakukan setiap bulannya, dengan cara pemanen dengan mengunting, mencabut, dan juga memotongnya dengan bantuan alat gunting atau pisau. Lalu lakukan penyimpanan atau pemasaran ke berbagai daerah terdekat.

Baca juga :  Panduan Umum Budidaya Kangkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme