Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Bunga Kamboja

Cara Budidaya Bunga Kamboja – Bunga kamboja ( semboja ) memiliki nama latin Plumeria merupakan tanaman hias yang sangat banyak dijumpai dan juga di temukan di beberapa negara lainnya. Tanaman bunga kamboja ini besaral dari Amerika Tengah yang di temukan pertama kalinya pakar botani asala Perancisr bernama Charles Plumier 1646 -1706.

11

Tanaman menyebar luas keberbagai wilayah dan juga negara lainnya terutamanya di Indonesia tanaman ini juga berkembang dengan banyak. Salah satu wilayah yang banyak di jumpai tanaman ini adalah Bali yang banyak membudidayakan tanaman bunga kamboja ini, bahkan sebagian tidakan tradisi di sana. Namun, jika anda ingin membudidayakan di rumah atau di kebun dengan mudah. Berikut kami akan mengulas cara menanamn atau budidaya bunga kamboja dengan mudah.

Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi penamanan sangat penting bagi tanaman bunga kamboja ini, di antaranya :

  • Jauh dari industri pencermaran.
  • Jauh dari peredator sekita.
  • Suhu lingkungan normal.
  • Media tanah gembur dan subur
  • Dengan dengan sumber air.

Perbanyakan benih 

Pemilihan benih atau perbenayakan benih inidapat di lakukan 3 cara yaitu biji, sambung, stek dan juga pencangkokan. Hal itu di lakukan sebagai berikut ini.

a. Biji

Biji yang di perlukan dalam budidaya bunga kamboja harus sesuai dengan ketentuan atau persyaratan yaitu berasal dari indukan berkualitas, tunas banyak, pertumbuhan cepat, tidak terserang hama dan juga tidak abnormal. Biasanya biji benih ini dapat di temukan dengan membelinya maupun mengambilnya dari tanaman tersebut.

b. Sambung

Dengan melakukan teknik sambung akan memerlukan batang bagian bawah memiliki kualitas bagus dengan batang dan akar yang kuat terhadap hama dan penyakit serta juga kuat untuk menyokong tanaman dia atasnya , Biasanya batang bawah ini berumur 9-12 bulan. Sedangkan batang bagian atas di perlukan tanaman dengan produksi bunga yang sangat tinggi serta memiliki umur 2-3 bulan bahkan lebih dan lakukan penyambungan dengan baik. Lama penyambungan ini di butuhkan wakatu selama 10-30 hari sampai menyambung.

c. Stek

Dalam penyeteakan tanaman ini tidaklah baik di lakukan karena sangat menyulitkan petani yang akan membudidayakannya. Tingkat kehidupan stek ini sangat relatif kecil sehingga jarang sekali yang melakukan stek pada tanaman ini.

Baca juga : Cara Memperbanyak Tanaman Dengan Stek Pucuk

d. Cangkok

Mencangkok tanaman bunga kamboja ini sama dengan tanaman jenis lainnya yaitu dengan cara mencari tanaman yang berkualitas, mengubas batangnya hingga terkelupas, lalu menyiapkan media tanah dan bungkus dengan plastik bersisi tanah tersebut. Dan lakukan perawatan hingga mengeluarkan akar serabut dan pindahkan langsung kemedia tanam.

Penanaman bunga kamboja

Penanaman bunga kamboja ini dapat di lakukan dengan dua cara yaitu dengan polibag ( tempat besar ) dan kebun.

a. Media Polibag atau tempat lainnya

Penanaman dengan media ini sangat mudah dan sederhana di lakukan anda hanya saja menyediakan tempat atau wadah penanaman berupa polibag, pot besar dan tempat lainnya yang berukuran 4 -10 kg per unitnya, kemudian isi dengan media tanah yang sudah di campurkan degan pupuk, dan buat lubang tanam 4-10 cm tergantung akar tanam. Setelah itu tanaman kedalam media tersebut dan lakukan penyiraman.

b. Media kebun atau lahan

Hal pertama yang di lakukan yaitu dengan membersihkan kebun dari gulma, lalu membajak lahan hingga merata, buatlah bedengan tanaman dengan lebar 1-2 meter, tinggi 30 cm dan panjang tergantung lahan. Campurkan media tanam dengan pupuk organik dan anorganik hingga merata dan diamkan beberapa minggu. Setelah itu, buatlan lubang tanam tergantung dengan perbanyakan tanam, dan lakukan penanaman dengan menimbun kembali lubang tanam. siram hingga basah dan lembab.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman ini dapat di lakukan dengan cara penyulama, penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyulaman :dapat  di lakukan dengan cara mengantikan tanaman baru yang tidak tumbuh dan mati. Dilakukan setelah 1-2 minggu masa tanam.
  • Penyiraman : dapat di lakukan 2 kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan dan juga kekurangan pada tanaman.
  • Pemupukan : dapat di lakukan secara berskala 2-3 bulan setelah masa tanam dapat menggunakan pupuk organik dan anorganik sesuai dengan ukuran dan takaran.
  • Pengendalian hama dan penyakit : dapat di lakukan dengan melakukan sanitasi lingkungan sekitar dengan teratur, melakukan penyemprotan hama dengan insektisida sesuai dengan dosis dan petunjuk, serta melakukan penyemprotan penyakit dengan fungisida sesuai dengan dosis dan petunjuk.

Pemanenan tanaman

Pemanenan tanaman ini dapat di lakukan ketika sudah proses pembungaan, dapat di lakukan dengan cepat dan lambat tergantung dengan perbanyakan yang di lakukan. Biasanya bunga kamboja ini dapat di panen atau di petik dengan umur 6-7 bulan bahkan lebih. Pemanenan ini dapat di lakukan dengan cara mengunting bagian batang, memetik bagian batang atau dengan yang lainnya. Pemanenan ini di lakukan pada sore dan pagi hari untuk menghindari penurunan kualitas tanaman.

Baca juga : Cara Budidaya Bunga Melati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme