Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Mentimun Secara Hidroponik

Cara Budidaya Mentimun Secara Hidroponik – Penanaman dengan cara hidroponik merupakan penanaman yang di lakukan tanpa menggunakan media tanah. Dengan menggunakan media ini akan lebih memberikan keuntungan dan juga kelebihan dalam membudidayakan tanaman salah satunya adalah membudidayakan mentimun.

1

Budidaya mentimun dengan hidroponik akan lebih memudahkan untuk melakukan pemeliharaan dan juga menghemat tempat untuk penanaman mentimun. Selain itu, budidaya dengn cara ini produksi tanaman meningkat dan juga pertumbuhan sangat cepat. Jika ingin membudidayakan mentimun perhatikan panduan berikut ini.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangat penting sebelum membudidayakan tanaman mentimun. Pemilihan bibit atau benih yang berkualitas akan menentukan hasil yang maksimal. Benih yang di pilih berupa sehat, bebas dari hama, berasal dari indukan yang banyak menghasilkan buah dan pertumbuhan cepat.

Menggunakan media ini bibit harus di semai terlebih dahulu. Dengan media persemian sederhana seperti biasanya hingga memiliki akar kecil atau berkecambah. Lalu bisa langsung di pindahkan kedalam media hidroponik.

Pengelolahan media tanam

Dalam pengelolahan media tanam secara hidroponik ini ada beberapa yang harus di ketahui berupa arang sekam, pasir, gambut, gabus ( steropom ) dan lainnya tergantung dengan petani menggunakan sistem hidroponik yang mana. Tetapi yang lebih mudah dan sangat baik di gunakan dengan menggunakan abu sekam atau arang sekam dengan media ini akan memberikan kemudahan untuk membuat hidroponik.

Pembuatan media tanam ini memerlukan alat bahan berupa pot plastik kecik, pipa paralon, air secukupnya larutan nutrisi, ajir untuk penyokong , kertas untuk menganjal dan gunting atau pembolong. Berikut cara membuat media tanam dengan hidroponik.

  • Pembuatan media pot plastik hidroponik : Langkah pertama siapkan dahulu pot plastik kecil yang di lubangi pucuknya sedikit dengan diameter 1-2 mm, bahkan lebih.
  • Kemudian masukan arang sekam kededalam pot plastik kecil, dan di ganjalkan kertas yang mudah larut, agar abu sekam tidak tumpa. Sisihkan
  • Pembuatan media air hidroponik : Langkah selanjutya siapkan pipa paralon panjang 1-2 meter atau tergantung dengan pemilik, kemudian lubangi di setiap bagian dengan jarak 10-15 cm dengan kebesaran lubang sesuai dengan pot plastik kecil.
  • Setelah itu, lakukan penutupan ujung kanan dan ujung kiri pipa paralon dan berikan larutan nutrisi yang sudah disiapkan kedalam pipa paralon.
  • Kemudian pembuatan ajir dapat di lakukan dengan menggunakan besi, bambu maupun almunium seperti gambar di atas. Pembuatan ini banyak sekali tipe dan ragam, tetapi memiliki tujuan yang sama. Bentuk ajir ini tergantung dengan pemilik baik berbentuk vertikal maupun horizontal yang menyokong tanaman.
  • Lakukan ini di tempat yang terkena cahaya matahari, karena tanaman mentimun sangat memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya.

Penanaman tanaman

Penanaman tanaman mentimun dengan hidroponik ini sangat mudah dan sederhana yaitu seagai berikut.

  • Pilihlah bibit yang sudah disemaikan tersebut yang berkualitas maupun yang sudah memiliki akar yang sangat banyak.
  • Kemudian bibit atau benih di masukan kedalam media pot plastik yang sudah di masukan abu sekam dengan kedalaman 1-2 cm.
  • Setelah itu, pot plastik kecil di letakan kedalam lubang yang sudah disiapkan di pipa paralon.
  • Dalam penempatan lubang sebaiknya ujung pot harus mengenai air atau larutan yang sudah diisi di pipa paralon.
  • Selanjutnya lakukan perawatan media ini dengan baik.

Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman hidroponik yaitu berupa penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan, pengajiran dan pengendalian hama dan penyakit.  Penyulaman ini di  lakukan ketika tanaman sudah di tanam tidak tumbuh dan mengantikan tanaman yang baru. Penyaingan di lakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman lainnya di sekitar tanaman. Pemupukan dengan memberikan pupur yang sudah di cairkan kedalam pipa paralon. Penyiraman dapat juga di lakukan atau tidak, dengan menggunakan sistem tetes pada tanaman. Pengajiran ini di lakukan dengan menggunakan besi, bambu, kayu atau alumunium lainnya dengan panjang 1-2 meter bahkan lebih. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit dapat di lakukan dengan penyemprotan herbisida, fungisida dan insektisida sesuai dengan petunjuk.

Pemanenan tanaman

Tanaman mentimun secara hidroponik dapat di panen ketika berumr 2- 3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietesnya. Pemanenan ini di lakukan dengan memetik buah secara langsung maupun dengan alat bantuan berupa gunting atau pisau pada tangkai buah. Pemanenan ini sebaiknya di lakukan pada sore dan pagi hari, bertujuan untuk menjaga kualitas pada tanaman dan buah mentimun.

Baca juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Mentimun

Jika Kurang jelas perhatikan ulasan video di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme