Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Sawo di Dalam Pot

Cara Budidaya Sawo di Dalam Pot – Tanaman sawo merupakan tanaman yang sangat di gemari masyarakat, karena memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. Salah satu manfaat tanaman ini adalah sebagai pelindung, perindang dan juga menambah O2. Apalagi jika menanamnya di pekarangan rumah akan lebih baik.

1

Pastinya banyak sekali yang mengiginkan tanaman ini  sebagai perindang dan menghasilkan buah yang sangat banyak. Namun, hal itu sangatlah mudah baik bagi para petani pemula atau juga para petani yang sudah bisa membudidayakan tanaman ini. Tanaman ini sudah banyak yang membuktikan bahwa bisa di tanam dengan media yang sangat sederhana yaitu media pot.

Dengan media ini akan memudahkan para petani untuk melakukan perawatan, pemeliharan dan pengawasan. Jika berminat membudidayakan silakan perhatikan cara membudidayakan tanaman sawo di dalam pot.

Pemilihan bibit

Sebelum melakukan penanaman sebaiknya memilih bibit yang akan di gunakan untuk menanama tanaman sawo yang berkualitas. Tanaman ini di perbanyakan dengan generatif atau dengan cara pencangkokan, pastinya cara ini banyak sekali yang mengetahuinya. Sebelum pencangkokan sebaiknya indukan harus benar-benar berkualitas berupa produktivitas menghasilkan banyak, bebas dari hama dan penyakit, tidak abnormal dan juga sudah berumur 1-2.5 tahun. Langkah –langlah cara percangkokan sebagai berikut :

  • Lakukan pemilihan batang yang lurus dan juga baik, serta memiliki mata tunas yang baik.
  • Seteleh menemukan langsung, lakukan pengupasan batang 3-4 cm, dan juga mengelilingan batang yang untuk di cangkok.
  • Selanjutnya persiapkan cangkokan berupa plastik atau serabut kelapa yang diisi dengan tanah yang sudah dicampurkan media pupuk kandang atau kompos.
  • Kemudian lakukan penempatan plastik atau serabut kelapa di batang yang sudah di kupas atau di kuliti tersebut.
  • Lakukan pengikan bagian pucuk atas dan bawah plastik atau serabut kelapa hingga rapat. Dan biarkan selama 4-6 bulan. Sampai menunggu akar atau tunas yang muncul di dalam batang. Lalu pindahkan ke media tanam pot.

Pengelolahan Media Tanam

Pengelolahan media tanam ini sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman sawo. Langkah – langkah tersbut dapat di lakukan dengan cara sebagai sebagai berikut :

  • Pemilihan tanah yang gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan lakukan pencangkulan, pembajakan secara merata, lalu lakukan pencampuran pupuk kandang atau kompos.
  • Setelah sudah di campur, lakukan penyiraman hingga lembab dan diamkan 3-4 hari sebelum penanaman.
  • Kemudian masukan media tersebut di dalam pot yang sudah disiapkan, ukuran pot yang di gunakan tergantung dengan pemilik sebaiknya berukuran yang relatif besar.
  • Lalu diamkan dan beri pupuk kembali untuk meningkatkan pH tanah serta meningkatkan unsur hara tanah.
  • Dan siap untuk melakukan tanam.

Penanaman Tanaman

Penanaman tanaman sawo dengan media pot, dapat di lakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan cara membuat lubang terlebih dahulu sebelum penanaman dengan kedalaman 4-6 tergantung dengan akar atau tunas percangkokan. Kemudian masukan bibit yang sudah di cangkokan di dalam lubang tersebut dan timbun dengan permukaan tanah sisa dari pengelolahan tanah yang sudah di campurkan pupuk kandang atau pupuk kompos, dan siram hingga lembab.

Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman sawo dapat di lakukan dengan cara penyiangan, penyiraman dan pemupukan. Penyiangan di lakukan dengan cara membersihkan tanaman yang menganggu di sekitar tanaman sawo dengan bantuan cangkol atau lainnya. Penyiraman di lakukan 2 kali dalam sehari, kurangi penyiraman jika terjadi musim hujan. Sedangkan pemupukan tanaman sawo di lakukan 2-3 bulan sekali menggunakan pupuk urea, Tsp dan kcl serta pupuk lainnya tergantung dengan pemilik.

Pemanenan Tanaman

Pemanenan tanaman sawo secara generatif sangat cepat, berumur 6-7 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan pemilharaan tanaman. Pemanen di lakukan dengan cara pemetikan langsung dengan bantuan gala, gunting atau dengan tangan langsung. Pemanenan tanaman sawo ini bisa di lakukan 2-3 hari sekali, karena tanaman ini tidak lah musiman.

Baca juga :Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sawo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme