Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Wortel di Dalam Polibag ( Pot )

Cara Budidaya Wortel di Dalam Polibag ( Pot ) – Tanaman wortel merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Terutamanya memiliki Vitamin A yang sangat tinggi, gizi yang tinggi dan juga kandungan lainnya. Banyaknya manfaat di dalam tanaman ini banyak sekali yang ingin membudidayakan tanaman wortel ini di rumah atau di pekarangan rumah.

1

Dengan membudidayakan tanaman ini di rumah akan memudahkan dalam pemeliharaan, perawatan dan juga pengontrolan bahkan juga dapat memnghiasi pekarangan rumah. Jika ingin membudidayakan tanaman ini, perhatikan berikut cara budidaya tanaman wortel di dalam polibag atau pot dengan mudah.

Persiapan Benih

Persiapan ini sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dan juga pertumbuhan cepat. Persiapan ini di lakukan dengan cara memilih benih yang sudah layak tanam, benih bebas dari hama dan penyakit, benih berasal dari indukan berkualitas, benih sehat dan pertumbuhan cepat. Dalam proses penananam ini dapat di lakukan dengan menggunakan perbanyakan secara biji atau generatif yang bisa di dapatkan di toko pertanian terdekat.

Pengelolahan media tanam

Pengelolahan media tanam dengan media polibag atau pot dapat di lakukan dengan cara sebagau berikut :

  • Memilih atau mencari tanah yang subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik.
  • Setelah menemukan lakukan pembajakan kecil atau mencangkulnya hingga merata. Lalu mencampurkanya dengan pupuk kandang atau kompos, hingga tercampur.
  • Kemudian lakukan penyiraman pada tanah yang sudah di campur dengan pupuk, hingga lembab dan diamkan selama 1-2 hari.
  • Selanjutnya siapkan media polibag berukuran 1-2 kg atau pot berukuran 2 x 2 x 3 cm bahkan lebih.
  • Masukan media tanah yang sudah di olah kedalam polibag atau pot yang sudah di sediakan, hingga penuh.
  • Lakukan penyiraman kembali hingga lembab dan basah, diamkan 3-4 hari sebelum tanam.

Penanaman Tanaman

Tanaman ini dapat di tanam dengan sangat mudah dan sederhana yaitu  dengan cara:

  • Membuat lubang terlebih dahulu dengan jari tangan atau kayu dengan kedalaman 1-2 atau 2-3 cm.
  • Setelah itu, lakukan perendaman benih atau biji dengan larutan fungisida atau larutan lainnya. Bertujuan agar tanaman tahan dan kuat terhadap serangan hama dan penyakit. Selama 3-4 jam.
  • Selanjutnya, lakukan penanaman dengan memasukan benih yang sudah selasai di rendam di dalam lubang yang sudah disiapkan tadi.
  • Kemudian lakukan penimbunan tanah dari sisa pembuatan media tanah yang tercampur dengan pupuk kandang hingga benih tertutup. Dan lakukan penyiraman pada tanaman wortel hingga lembab.

Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman dengan media ini hampir sama dengan media lainnya yaitu sebagai berikut :

  • Penyulaman : di lakukan dengan cara mengantikan tanaman yang tidak tumbuh dengan tanaman baru, setelah 15 – 20 tanam.
  • Penyiangan : di lakukan dengan membersihkan tanaman liar atau gulma yang berada di sekitar tanaman wortel.
  • Pembubunan : di lakukan dengan menimbun atau menambah tanah kedalam media polibag dan pot.
  • Penyiraman : tanaman ini dapat di lakukan 2 kali dalam sehari, dan jangan sampai terlalu berlebihan
  • Pemupukan : tanaman wortel dapat di pupuk secara berskala dengan menggunakan pupuk urea, zat a, kcl dan tsp sesuai dengan anjuran.

Hama dan penyakit tanaman

Hama yan sering menyerang tanaman wortel adalah ulat tanah, kutu daun, lalat atau manggot. Pengendalian dapat di lakukan dengan cara melakukan pengontrolan tanaman dan penyemprotan insektisida sesuai dengan petunjuk. Sedangkan penyakit yang biasa menyerang tanaman wortel berupa bercak daun,  nemotoda bintik akr, dan busuk alternaria. Pengendalian ini dapat di lakukan dengan cara melakukan penyiangan sekitar tanaman dan penyemprotan fungisida sesuai petunjuk dan dosis .

Pemanenan Tanaman

Pemanenan tanaman wortel dapat di lakukan dengan umur 2-3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietes. Pemanenan ini di lakukan dengan cara mencambut atau membongkar tanah yang ada di dalam polibag atau pot. Pemenan ini sebaikya di lakukan pada pagi dan sore hari untuk menjaga kualitas umbi atau tanaman.

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Wortel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme