Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Baik

Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Baik – Banyak sekali terkadang para petani membuat kolam dengan tidak baik. Mereka membuat kolam dengan sembarang seperti bekas kubangan air, hal ini membuat produktivitas budidaya ikan tidaklah maksimal.

Faktor membuat kolam hampir sama dengan faktor budidaya pada umumnya seperti benih, pakan dan air. Kolam ikan merupakan tempat habitat hidup ikan, dengan kondisi kolam ikan menentukan baik tidaknya pertumbuhan ikan.

Beberap hal yang harus diperhatikan dalam membuat ikan yaitu mulai dari menganalisis jenis tanah, kontur tanah, letak kolam, irigasi, pengendalian, pembuatan tanggul dan pengaturan sirkulasi.

Menganalisis jenis tanah kolam

Jenis tanah yang baik untuk membuat kolam adalah dengan tanah liat berpasir. Jenis tanah yang banyak mengandung air dan tekstur bagian tanah mudah dibuat tanggul.

Namun jika kondisi tanah terlalu gembur, sebaiknya mengunakan dinding kolam dengan semen atau bata. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran kolam.

Kontur lahan kolam

Kontur lahan merupakan lapisan permukaan lahan, apakah memiliki kontur lahan miring atau datar. Namun jika kontur kemiringan maka melakukan metode penggalian dan pembuatan tanggul, serta mengatur pola aliran air lebih mudah.

Sedangkan pada lahan datar, penggalian dilakukan di semua sisi. Hasil galian dijadikan untuk membuat tanggul. Lihat gambar dibawah ini.

aa

Letak kolam ikan

Untuk membuat kolam lebih baik harus mengatur letak kolam ikan. Jika ingin membuat kolam hanya satu saja, tinggal memaksimalkan letak parit yang dijadikan sumber air dan sistem pembuangan. Sedangkan membuat kolam yang lebih banyak, tata letak kolam harus memerlukan pertimbangan dengan seksama.

Namun dilihat dari sisitem pengairan terdapat dua tipe tata letak kolam ikan yaitu pararel dan seri. Dalam sistem pengairan pararel masang-masing kolam menerima asupan air secara langsung. Parit atau saluran irigasi harus dibuat melewati setiap kolam yang ada.

Sistem pengairan pararel lebih baik tetap menjaga kualitas air dengan baik. Karen air yang akan masuk dalam kolam harus segar dan langsung dari sumber air. Belum tercemar oleh sisa-sisa pakan terlarut atau bibit penyakit yang ada dikolam sebelumnya.

Sedangkan sistem pengairan seri. Setiap kolam ikan menerima asupan dari pengeluaran kolam lainnya. Misalnya, kolam ikan pertama mendapatkan air dari sumebr air secara langsung. Kemudian kolam ikan kedua menerima air dari pengeluaran kolam ikan kedua dan seterusnya.

Pengairan seri ini sangat cocok diterapkan di daerah yang memiliki kekurangan air. Kelemahan sistem pengairan ini adalah sulit untuk melakukan pengontrolan pencemaran air dan penyebaran penyakit. Sedangkan keuntungan mengunakan sistem pengairan seri adalah saluran irigasinya tidak memakan tempat dan bisa dibuat lebih simpel. Biaya pemeliharaannya pun sangat lebih murah. lihat gambar berikut ini.

aa

Membuat tanggul kolam ikan

Tanggul kolam ikan berfungsi untuk menahan air dan sebagai pembatas kolam ikan. Tanggul yang baik yaitu kedap air ( tidak merembes ), kuat menahan beban air, tidak erosi dan tidak bocor. Untuk jenis tanah yang digunakan tanah liat berpasir, tanggul bisa di buat hanya dengan tanah. Tetapi untuk jenis tanah gembur dan mudah erosi memerlukan tanggul terbuat dari batu atau semen.

a.Tanggul tanah

Pembuatan tanggul tanah bisa lebih murah dan mudah, berikut cara membuat tanggul tanah:

  • Menetapkan kolam yang akan digali, tentukan garis batasnya.
  • Kemudian lakukan pengendalian dengan kedalaman lebih dari 10 cm. Pisahkan lapisan tanah atas, untuk menebarkan kembali ke dasr kolam . tanah bagian atas ini kaya akan bahan organik yang berguna untuk ikan.
  • Mulai gali kembali permukaan tanah dengan kedalaman 60 cm. Bagian tanah digunakan untuk tanggul.
  • Tanggul dibuat dengan penampang berbentuk trapesium. Lebar di bagian bawah dan menyempit di bagian atas.
  • Sebelum membuat tanggul, sebaiknya gali dasar tanggul sedalam 20-25 cmsebagai pondasi. Kemudian isi dengan tanah hasil galian tanah dan mampatkan. Tanha galian untuk membentuk tanggul harus diari dahulu agar solid.

b.Tanggul tembok

Tanggul tembok sangat diperlukan apabila kita mengiginkan kolam yang lebih permanen dan jenis tanah yang ada tidak memungkinkan yuntuk membuat tanggul tanah. Tembok bisa digunakan sebagai pembatas atau pelapis. Fungsi sebagai pelapis yaitu untuk memperkuat tanggul tanah , dan biasanya tanggul tembok ini diterapkan pada kolam tunggal.

Membuat saluran air

Saluran air masuk dan keluar merupakan bagian yang penting dari kolam ikan. Saluran ini berfungsi untuk menjaga kualitas air kolam. Bila saluran air terhambat , kualitas air akan menurun dan menyebabkan kematian pada ikan.

Salauran ,asuk dan keluar untuk kolam ikan ini bias dibuat lebih dari satu. Pada kolam yang besar biasanya dibuat 2-3 pasang saluran air. Pada kolam lebih kecil cukup dibuat satu pasang saluran.

Jarak antar saluran ,asuk dan kelura harus dibuat sejauh mungkin. Letak saluran masuk dan keluar sebisa mngkin bersilanh jangan sejajar. Berguna  untuk sirkulasi air dalam kolam. Air yang masuk tidak langsung keluar, melainkan mengantikan air lama.

a.Saluran air masuk

Saluran masuk bisa dibuat dengan selongsongan bambu atau pipa PVC. Pipa yang digunakan diletakan memotong dan menembus tanggul. Ketinggian pipa sejajar atau lebih tinggi dari permukaan air kolam yang  dikehendaki.

Pipa dipasang mendatar, pada bagian pangkal yang menrah ke luar kolam di pasang jaring agar tidak ada binatang yang bisa masuk kedalam kolam. Lihat gambar berikut ini.

aa

b.Saluran air keluar

Terdapat dua jenis saluran keluar untuk kolam yaitu saluran kolam air kolam sebagai sirkulasi dan saluran keluar air kolam untuk pemanenan. Teknik pembuatan kedua saluran ini bisa tersebut di satukan atau terpisah.

Teknik pertama secara berpisah. Pipa pengeluaran air air sirkulasi di buat di permukaan kolan dan pipa pengeluaran air pemanenan dibuat di dasar kolam.  Pipa yang dibuat untuk pemanenan dibuat di dasr kolam yang paling rendah. Biasanya dibuat pada saluran kemalir. Pada ujung pipa yang ada didalam kolam di pasangi katup yang bisa dibuka da ditutup.

Teknik kedua secara menyatu. Pipa pengeluaran air dan pemanenan dibuat satu. Untuk membuat diperlukan pipa berbentuk L atau pipa menyiku. Pia ini dibuat di dasr kolam. Pipa yang mengarah ke luar kolam membentuk huruf L menegadah ke atas. Tinggi pipa yang berdiri bertikal sejajar dengan permukaan air kolam. Dengan begitu ketinggian air kolam lebih mudah diatur. Lihat gambar berikut ini.

aa

Membuat kemalir

Saluran kemalir merupakan saluran yang sangat penting dari kolam ikan. Kemalir adalah parit yang ada di dasar kolam, kedalamannya mencapai 20-30 cm. Kemalir ini berfungsi untuk membantu pemanenan, menampung endapan sisa makanan, mengendapkan lumpur yang berbahay dan mengatur aliran bawah. Jumlah kemalir seseuai dengan pintu pengeluaran air. Lihat gambar berikut ini.

aa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme