Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Tepung Daun Pepaya Untuk Pakan Ternak Ayam

Cara Membuat Tepung Daun Pepaya Untuk Pakan Ternak Ayam – Tepung daun pepaya merupakan salah satu bahan pakan tambahan sumber protein, karena memiliki kandungan protein kasar (pk) yang cukup tinggi dan sangat baik dikonsumsi oleh ternak unggas, terutamanya ayam. Daun pepaya sangat mudah diproleh dan di dapatkan, selain itu daun pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan makanan untuk manusia yang dapat dijadikan berbagai macam dan jenis sayuran olahan.

1

Untuk dapat dijadikan sebagai bahan pakan tambahan ternak, daun pepaya sebenarnya dapat diberikan secara langsung maupun beberapa olahan terlebih dahulu dalam bentuk tepung sebagai bahan dasar untuk pembuatan ransum dalam bentuk pellet pakan ternak ayam. Kandungan nutrisi yang terkandung didalam tepung daun pepaya, yaitu protein kasar (pk) 21-27%, serat kasar (sk) 11,3 %, lemak 9,1% dan energi metabolis 1230.

Baca : Cara Mengatasi Penyakit Mastitis Pada Kambing Perah

Selain itu, daun pepaya juga mengandung beberapa kandungan seperti kalsium, besi, vitamin A, C dan E, folat, riboflavin, thiamine, niacine dan rendah kalori. Dengan adanya beberapa kandungan yang sangat beragam daun pepaya juga memberikan manfaat yang besar untuk ternak yang diberikan bahan pakan dari daun pepaya tersebut.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Pakan Ternak Ayam


  • Membantu melancarkan pencernaan, metabolisme, memecahkan protein dan mendukungnya produksi enzim pencernaan.
  • Mendukung perbaikan atau pembaruhan jaringan otot pada anakan ayam.
  • Melancarkan sistem peredaran darah dan jantung dengan baik.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ternak.
  • Menjaga tingkat kestabilan energi dan vitalitas pada ternak.

Cara Membuat Tepung Daun Pepaya Untuk Pakan Ternak Ayam

  1. Lakukan pemilihan daun yang masih segar dan tidak dalam terserang penyakit.
  2. Setelah itu, lakukan pencucian daun dengan air bersih hingga bersih dan tidak ada kotoran/debu yang menempel.
  3. Lalu, keringkan sejenak dan lakukan pemotongan halus dan lembut agar dapat mempercepat dalam proses pengeringan daun pepaya.
  4. Setelah di potong kecil dan halus, dijemur pada sinar matahari yang cukup panas atau menggunakan alat pengering agar jauh lebih cepat.
  5. Daun yang sudah dikeringkan, di tumbuk atau digiling hingga halus merata dan dilakukan penjaringan atau pengayakan yang tipis sehingga dapat hampir menyerupai tepung halus.
  6. Daun pepaya yang sudah diayak, bisa langsung diaplikasikan ke ternak ayam dengan mencampurkan pakan utama dengan pakan tambahan yang dibuat tadi.

Baca juga:

Itulah informasi tentang cara membuat tepung daun pepaya untuk pakan ternak ayam semoga informasi yang kami sampaikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme