Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mencangkok Pohon Rambutan ( Nephelium lappaceum )

Cara Mencangkok Pohon Rambutan ( Nephelium lappaceum )  – Mencangkok merupakan salah satu perkebanyakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induk dan menghasilkan buah yang cepat dan banyak.

2

Mencagkok ini dilakukan dengan menguliti batang dengan bersih, dan juga menghilangkan kambium pada cabang, batang, dan ranting dengan panjang 5-10 cm. Tanaman yang bisa dicangkok terutamanya tanaman rambutan, mangga, kelengkeng, sawo dan lainnya. Dalam mencangkok, tanaman harus memperhatikan beberapa hal untuk dapat berhasil melakukan pencangkokan dan mendapatkan tunas ataupun perakaran baru.

Persiapan alat dan bahan

Persiapan alat dan bahan harus di perhatikan dengan baik, karena sangat mempengarahu perkembangan tunas yang dihasilkan dalam percangkokan. Alat dan bahan yang digunakan dalam mencangkok rambutan yaitu adalah sebagi berikut :

  • Menggunakan pisau tajam dan tidak karat
  • Mempersiapkan serabut kelapa atau plastik gula 1- 2 kg.
  • Tali plastik atau karet ban dalam.
  • Media tanah yang sudah digemburkan dengan pupuk organik.
  • Gergaji maupun parang tajam.
  • Air secukupnya.

Cara mencangkok pohon rambutan :

  1. Pilihlah batang pohon rambutan yang sudah dewasa ( tua ) dan memiliki kambium, yang berdiameter rata – rata 2-3 cm.
  2. Lakukan pengulitan dan pemutongan kulit batang dengan ukuran 5 -10 cm, kemudian lakukan pendiaman hingga getah dalam batang keluar dan kering.
  3. Lalu, persiapkan media tanah dengan mencampurkan air secukupnya. Bertujuan untuk melembabkan media tanah dan mengemburkan media tanah dalam serabut kelapa maupun plastik percangkokan.
  4. Kemudian, tanah tersebut ditempelkan dengan baik di batang yang sudah dikuliti tersebut, lakukan pembungkusan dengan plastik atau serabut kepala.
  5. Lakukan pengikatan dengan tali plastik maupun karet ban, dengan kencang pada bagian ujung bawah dan atas pada serabut kelapa atau plastik.
  6. Lalu, diamkan selama 3-4 bulan dan lakukan perawatan dengan baik.
  7. Setelah, perakaran dan tunas sudah tumbuh, lakukan pemotongan bagian bawah dengan menggunakan gergaji untuk menghindari kerusakan kerusakan perakaran pada cangkokan.
  8. Pemotongan ini, biasanya memotong ranting, percabangan dan daun yang dapat menghambat percangkokan.
  9. Setelah itu lakukan pembukaan bungkus dengan hati – hati tanpa merusak setiap bagian.
  10. Kemudian tanam terlebih dahulu dalam media polibag hingga ranting dan daun tumbuh beberapa helai, setelah tumbuh maka cangkokan yang anda buat siap untuk ditanam dilahan maupun dihalaman rumah anda.

Baca juga :

Tambahan : 

Untuk mendapatkan cangkokan rambutan yang bagus dan cepat berbuah, harus melakukan perawatan dengan maksimal baik berupa dalam penyiraman, sanitasi,  pemupukan teratur ( setelah tanam ) dan pengendalian hama dan penyakit. Dengan begitu, akan sangat membantu untuk mempercepat pertumbuhan tunas baru tanaman rambutan yang sedang anda cangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme