Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengawinkan Burung Kenari

Cara Mengawinkan Burung Kenari –  Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang banyak dikenali dan juga sangat populer di kalangan masyarakat, banyaknya para masyarakat membudidayakan dan beternaka burung kenari ini membuat perkembangan populasi pun semakin berkembang. Dalam proses perkembangan atau perkawinan burung kenari ini terkadang banyak yang tidak berjalan dengan baik, walaupun burung kenari jantan dan betina sudah mampu berreproduksi serta sudah di gabungkan  tidak terjadi perkawinan.

1

Proses perkawinan burung kenari ini terlebing gampang – gampang susah, namun hal tersebut jangan kwatir ada beberapa cara yang akan kami informasi kan dalam artikel ini. Ada beberapa tahapan cara mengawinkan burung kenari berjalan dengan baik dan lancar.

Pemlihan Indukan berkualitas

Sebelum proses perkawinan dilakukan sebaiknya lakukan pemilihan indukan burung kenari terlebih dahulu, hal ini dikarenakan indukan sangat mempengaruhi hasil produksi anakan bakan benih yang dihasilkan. Hal ini dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Indukan sudah mampu bereproduksi
  • Indukan sudah berumur 5-7 bulan bahkan lebih
  • Indukan tidak abnormal ( dalam keadaan cacat )
  • Indukan tidak dalam terserang penyakit
  • Indukan memiliki nafsu makan tinggi
  • Indukan memiliki gerakan lincah

Cara mengawinkan burung kenari

  1. Buatlah kandang khusus untuk perkawinan burung kenari jantan dan betina, untuk kenyamanan burung saat proses perkawinan.
  2. Sebelum perkawinan di mulai, sebaiknya kandang burung jantan dan betina di hadapkan ( Face to face ), bertujuan agar lebih mudah dalam mengendalikan proses estrus ( berahi ) pada burung kenari.
  3. Jika sudah, mengalami proses estrus antara jantan dan betina sebaiknya langsung pindahkan kekandang yang sudah di sediakan atau menggabungkannya langsung.
  4. Jika hal ini sudah berhasil, maka burung kenari akan memiliki tanda – tanda saling mengejar dan juga saling berkicau. Diamkan beberapa jam kemudian.
  5. Setelah terjadi perkawinan, sebaiknya juga diamkan beberapa sekitar 1-2 jam sampai burung kenari betina dan jantan tidak mau kawin lagi.
  6. Kemudian, lakukan pemisahan kekandang semula dan buatlah sangkar pada kandang burung kenari betina, untuk tempat telur yang sudah dibuahi burung jantan.
  7. Selesai, dan lakukan pemeliharaan dengan baik. Sampai telur benar – benar menetas menjadi anakan burung kenari.

Catt : jika dalam perkawinan gagal dan juga tidak mau dikawinkan sebaiknya lakukan kembali dengan mengantikan burung jantan atau burung betina dengan yang lainnya. Dengan begitu, akan membantu proses perkawinan anda berjalan dengan maksimal.

Faktor yang mempengaruhi kegagalan perkawinan

  • Indukan burung kenari tidak mampu mereproduksi
  • Indukan masih berumur muda
  • Indukan tidak menyukai satu sama lain
  • Tingkat kenyamanan kandang kurang baik
  • Lingkungan kurang baik
  • Kualitas spermatozoa dan sel telur kurang baik

Baca juga :  Cara Mengobati Burung Kenari Cacingan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme