Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Pembenihan Ikan Arwana

Cara Pembenihan Ikan Arwana – Pembenihan ikan arwana tergolong sangat menyulitkan, namun hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas benih yang bagus. Dalam pembenihan ini harus memperhatikan kondisi air dan kolam dalam pembenihan, karena benih yang akan di jadikan bibit dalam pembesaran sangat rentan terhadap penyakit.

1

Cara Pembenihan Ikan Arwana

a. Persiapan Indukan

Ikan arwna adalah ikan yang sangat sulit membedakan antara jantandan betina. Namun , ada  beberapa ciri yang jadai pedoman untuk membedakan jantan dan betina yaitu sebagai berikut.

Indukan jantan
  • Mulut lebih besar
  • Badan ramping
  • Warna lebih terang
  • Gerakan lincah
  • Kepala lebih besar
Indukan betina
  • Mulut lancip
  • Gerakan lambat
  • Perut gendut atau gembung
  • Kepala lebih kecil

b. Persiapan Kolam

Dalam persiapan kolam untuk pemijahan harus memperhatikan kondisi kolam atau dengan kualitas air. Hal ini dilakukan dengan cara mengeringkan kolam, kemudian masukan lumpur pada kolam dan di semprot dengan tekanan tinggi. Kemudian kolam lakukan perombakan dengan memasukan pasir sebanyak 0,2 m3 untuk meningkatkan alkalinitas yang berfungis untuk penyangga PH air. Diamkan beberapa bulan untuk hasil yang lebih maksimal. Dan berikan tambahan pupuk kandang dan juga kapur sebelum 1 minggu penebaran dilakukan.

c. Penebaran indukan

Sebelum melakukan hal ini indukan ikan arwan  harus di aklimatisasi agar tidak mengalami stres akibat di lingkungan yang baru. Indukan yang siap untuk di pemijahan atau di kawinkan adalah indukan yang sehat dan tidak terkena hama dan penyakit. Kemudian lanjutkan perlepasan ikan secara perlahan-lahan dengan tebar ikan 7-10 /100 m2 . Dalam penebaran ikan harus memperhatikan indukan jantan dan betina 1 : 1

Pemeliharaan indukan

a. Pemberian pakan indukan

pemberian pakan indukan dilakukan 1-2 hari menggunakan pakan alami atau pakan buatan. Jumlah pakan yang di berikan harus sesuai dengan kondisi bobot badan pada ikan, hal ini akan mempercepat peneluran pada ikan arwana.

b. Pengelolahan kualitas air

Pengelolahan ini dilakukan agar pH air tetap terjaga yaitu 5-6 dengan cara mengantikan air secara teratur dan dilakukan 3-7 hari sekalait atau di sesuaikan dengan kondisi air.

c. Pemeriksaan Kesehatan indukan

Untuk menjaga kesehatan indukan yang sudah di tebr di dalam kolam harus di kontrol atau di pantau dengan rutin. Jika di temukan yang sakit langsung berikan tindakan khusus yaitu mengangkut dan memindahkan kekolam lainnya, agar tidak tercemar dan menyebar pada ikan lainnya.

Pemijahan Indukan

Pemijahan pada ikan arwana dapat dilakukan dengan cara perkawinan alami  yaitu dengan mengabungkan ikan jantan dan betina pada satu kolam. Pemijahan ini dilakukan dengan perbandingan 1 : 1 . Sedangkan pematangan pada telur ikan arwana sangat cukup lama 7-8 bulan . jenis ikan ini termasuk yang mengeramai telurnya di dalam mulut indukan jantang sampai menetas dan anaknya sudah mampu untuk berenang.

Pemantauan indukan penetasan

Pemantauan ini dilakukan pada malam hari dengan bantuan cahaya halogen. Pada malam hari ikan arwana cendrung akan mengapung kepermukaan air dan akan menghampiri cahaya. Indukan jantan yang mengerami di tandai dengan mengembungnya rahang bagian bawah. Pemanan tau ini bertutujuan agar indukan tidak membuang anakan karena ada serangan dari ikan lainnya.

Pemanen larva atau benih 

Pemanen di lakukan dengan menjaring ikan dari dalam. Ikan yang telah terjaring kemudian di pilih oleh kepala tambak untuk menemyukan ikan yang sedang mengerami telur. Dalam pemanenan ini harus di lakukan dengan hati-hati untuk menjaga kualitas benih pada ikan arwana. Setalah panen lakukan pemindahan ikan di akuarium atau wadah lainnya.

Baca juga : Panduan Umum Budidaya Ternak Ikan Lele

1 Comment

Add a Comment
  1. Pernah jalan-jalan ke tambak pemeliharaan ikan arwana, wah ternyata disitu ada beberapa kolam yang dimana salah satu kolam tsb adalah ikan bawal. Nah ikan bawal tsb di pelihara untuk konsumsi ikan arwana yang ada di kolam tersebut.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme