Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Pemupukan Tanaman Jagung Manis

Cara Pemupukan Tanaman Jagung Manis – Pemupukan adalah salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produksi tanaman dengan relatif cepat, serta menyuburkan media tanah yang digunakan.

Bukan hanya menyuburkan, dan meningkatkan produksitivitas tanaman jagung. Memupuk juga akan membantu menghambat hama dan pertumbuhan penyakit pada tanaman jagung dengan tepat. Sebelum melakukan pemupukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai dosis pemberian pupuk tanaman jagung musim kemarau dan musim hujan.

Baca: Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

1. Dosis Pupuk Musim Kemarau Yang Diberikan

Umur Pemupukan Za kg/ha Urea kg/ha Tsp kg/ha Kcl Jumlah Total
15 Hst 210 105 215 kg/ha
30 Hst 280 455 kg/ha
45 Hst 280 105 385 kh/ha
60 Hst 240 240 kg/ha

Cara Pemupukan:

  • Pemupukan tanaman jagung manis saat musim kemarau, pemakaian pupuk Za dilakukan lebih banyak dibandingkan dengan Urea. Dikarenakan akan menghambat resiko terhadap penyakit.
  • Untuk melakukan pemupukan, dilakukan pencampuran merata hingga homogen dengan dosis yang ditentukan.
  • Setalah itu, cara pemberiannya dilakukan dengan penglubangan sedikit hanya beberapa cm. Lalu diaplikasikan pupuk tersebut dan tutup dengan media tanah agar tidak menguap dan disiram hingga merata.

2. Dosis Musim hujan Yang diberikan

Umur Pemupukan Za kg/ha Urea kg/ha Tsp kg/ha Phoska Kcl Jumlah Total
15 Hst 210 105 315 kg/ha
30 Hst 280 175 455 kg/ha
45 Hst 280 105 385 kh/ha
55 Hst 240 240 kg/ha

Cara Pemupukan:

  • Untuk penggunaan pupuk organik tidak dibatasi, semakin banyak pupuk organik semakin mengurangi penggunaan pupuk kimia terutamanya yang mengandung unsur N (Nitrogen).
  • Pemupukan pertama menggunakan dosis 14 kg/ha dengan mencampurkan furadan untuk menghindari pertumbuhan penyakit tanah dan dicampur hingga merata.
  • Pemupukan dilakukan dengan cara menyebarkan disekitar tanaman jagung dengan jarak 5-6 cm, kemudian ditimbun tanah kembali/ditimbun saat pembubunan.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Cara Pemupukan Tanaman Jagung Manis Dengan Tepat. Semoga berguna dan bermanfaat, apabila ada kekurangan/kesalahan dalam penulisan mohon maaf. Terima kasih jangan lupa share !!

 

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme