Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Memperbanyak Bibit Pohon Pisang

Cara Memperbanyak Bibit Pohon Pisang – Banyak sekali para petani tidak mengetahui cara memeperbanyak bibit pohon . Tetapi kali ini para petani tidak lah perlu binggung karena dalam pembahasan kail ini akan memberikan anda pengetahuan tentang cara memperbanyak bibit pohon pisang dengan sangat lah sukses .

bibit pisang

Dengan cara memperbanyak bibit pohon pisang ini akan menciptakan sebuah bibit unggul yang sangat lah berkualitas yaitu dengan cara yang di kenal BIT ( Bonggol Pisang ) yaitu sebagai berikut ini :

Cara memperbanyak bibit pisang dengan bonggol

  • Pohon pisanga yang sudah di panen lakukan pembongkaran kemudian bersihakan bonggol dari tanah dan akarnya .
  • Anda harsu memperhatikan mata tunas di bonggol pohon pisang tersebut pilihlah mata tunas yang sudah muncul dengan ketinggian antara 2-2.5 cm .
  • Potong mata tunas ini menyertai bonggol pohon pisang sehingga berbentuk kubsu berukuran antar 10 x 10 x 10 cm .
  • Untuk mengendalian ham yang akan menyerang pada bonggol , Lakukan perendaman dalam air hangat anra 500 cc atau di rendam mengunakan campuran 2 gram bnlate ( fungsi sida ) + 1 cc insektisida selama 15 menit .
  • Setelah itu diangkat dan di dinginkan sampai kering dan tidak ada air lagi
  • Kemudian siap kan polibag berukuran antara 25 x 30 cm sesuai denga ukuran bonggol yang anda buat tadi . Kmeudian tambahkan tanah dan juga pupuk kandang yang sudah layak di jadikan kompos .
  • Tanamkan potongan bonggol tersebut dengan tuans menghadap ketas , kemudian timbun dengan kedalam 2-3 cm diats permukaan tanah
  • Bila idak menggunakan polibag mak anda harsu menyiapkan sebuah bedengan antara selebar 50 – 100 cm dengan jarak 15-20 cm
  • Penyiram dalam tanman ini sebaik ya di lakukan 2 hari dalam sehari atau secukupnya saja . agar tidak mengahmbat pertumbuhan pada bibit pohon pisang ini .
  • Setelah dilakukan penyiraman bagian atas poligbab aharsu di tutp dan dilipas kedalam sednagkan pada bedengan di tutp mengunakan jerami padai yang sudah kering bertujauan untuk tidak tersinari matahari secara langsung .
  • Setelah 3-4 bulan kemudian mata tunas mulai tumbuh menjadi 20-30 cm dan dapt di gunakan sebagai bibit .
  • Jika sudah bisa di gunakan sebagai bibit baru bisa di lakukan sebuah penanaman dan pembudidaya di lahan yang sudah anda tentukan .

Baca juga : Cara budidaya pohon pisang , Manfaat Buah Pisang 

Memanglah dengan car ini anda akan bisa menciptakan sebuah bibiy unggul yag sangat ah berkualitas yang akan menghasilakan sebuah buah –buah yang pilihan sehingga banyak yang kan meminta dan membeli pada buah anda yang meningkatkan sebuah produktivitas dalam pemasran buah anda .

Itulah sekilas informasi tentang Cara Memperbanyak Bibit Pohon Pisang  semoga bermanfaat bagi para pemvca khusus nya bagi para petani yang ingin memajukan dan pengembangan tanmannya .

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme