Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Hama Penyakit Tanaman Alpukat

Hama Penyakit Tanaman Alpukat – Dalam budidaya tanaman alpukat harus memperhatikan kendala – kendala yang harus diwaspadai, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah alpukat. Biasanya kendala yang sering di hadapi para petani adalah hama dan penyakit dari tanaman alpukat ini. Hama penyakit tanaman alpukat ini akan menghambat produksi, pertumbuhan dan bahkan juga akan menyebabkan kematian pada tanaman.

1

Oleh karena itu, para petani harus melakukan pencegahan dengan mengetahui hama penyakit yang sering menyerang tanaman alpukat. Ada beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman alpukat dan juga cara pencegahan hama adalah sebagai berikut :

Baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Hama tanaman alpukat

1. Tungau merah ( Tetranychus cinnabarinu. Boish )

Gejala : permukaan daun akan tampak berbintik – bintik, terdapat bercak berwarna kecoklatan maupun putih, kemudian daun akan terjadi perubahan warna dan daun juga akan mengalami rontok maupun layu.

Pengendalian : penyemprotan dengan akarasida kelthan MF, dengan bahan aktif dikofdan dengan dosis 06-1 liter / ha.

2. Ulat kipat ( Cricula trsifenestrata. Helf )

Gejala : daun akan mengalami layu, tidak beraturan, menguning, dan juga akan menjadi abnormal.

Pengendalian : penyemprotan insektisida mengandung bahan aktif monokrotofos, seperti cymbus 50 EC dengan dosis 1-3 cc/ liter.

3. Lalat buah ( Dacus dorsalis. Hend )

Gejala : buah terdapat bintik-bintik, buah berlubang, mengalami perubahan warna dan juga pembusukan.

Pengendalian : penyemprotan insektisida berbahan aktif seperti triozofas dengan dosis 2 cc / liter dan lakukan pemusnahan buah dengan membuangnya.

4. Kumbang busuk cabang ( Xylosandrus morigerus. Bldf )

Gejala : percabangan terdapat sebuah lubang kecil, maupun besar yang menyebabkan percabangan atau ranting mengalami kerusakan busuk atau kering bahkan mati.

Pengendalian : lakukan pemangkasan bagi terserang hama tersebut, dan penyemprotan insektisida berbahan aktif seperti orthene 75 SP dengan dosis 0,5-0,8 gram/liter.

Penyakit tanaman alpukat

1. Antraknosis

Penyebab : jamur colletrichum gloesporioides.

Gejala : menyerang semua tanaman, kecuali bagian akar. Bagian terserang akan mengalami perubahan warna menjadi cokelatn bahkan kehitaman, dan daun terserang akan berguuguran.

Pengendalian : pemangkasan ranting atau cabang, atau pembuangan buah dan penyemprotan dengan fungisida berbahan aktif seperti velimex 80 WP dengan dosis 2-2.5 gram / liter.

2. Bercak daun

Penyebab : cercospora purpurea

Gejala : terdapat bercak tua di daun terserang, dan terdapat bintik – bintik kelabu dan daun akan menjadi tidak abnormal.

Pengendalian : penyemprotan fungisida masalgin 50 dengan dosis 1-2 gram / liter atau dengan melakukan pengolesan langsung dengan bubuk bordeaux.

3. Busuk akar

Penyebab : Jamur Phytophtora

Gejala : pertumbuhan akan terganggung, tunas muda akan jarang, dan bahkan akan mengakibatkan tanaman mati.

Pengendalian : drainase diperbaiki, lakukan pemongkaran tanaman terserang dan juga mengantikan dengan tanaman yang baru.

4. Busuk buah

Penyebab : Jamur Botryodiplodia theobromae

Gejala : tangkai buah akan membusuk atau kering, buah akan terdapat bercak berwarna kehitaman, dan terdapat benjolan kecil yang menyebabkan buah menjadi busuk.

Pengendalian : pembuangan buah terserang, dan melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif dengan velimek 80 WP dengan dosis 2-2.5 gram / liter.

Baca juga :

Itulah hama penyakit yang sering menyerang tanaman alpukat semoga informasi kami berguna dan bermanfaat bagi para petani. jangan lupa subcribe !! untuk mendapatkan artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme