Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat – Tanaman alpukat adalah salah satu tanaman buah, yang berasal dari Amerika tengah. Tanaman alpukat ini pada umumnya tumbuh dengan liar di hutan – hutan, namun sekarang banyak juga ditanami dikebun maupun dipekarangan rumah yang memiliki media tanah gembur dan subur.

1

Alpukat ini memiliki nama latin atau ilmiah adalah Persea americana, yang termasuk kedalam famili lauraceae. Secara umumnya, tanaman ini memiliki beberapa varietes yang menyebar dibelahan dunia, yang dapat dengan tumbuh di berbagai sub tropis dan tropis dengan baik. Namun, secara sistematika tanaman alpukat ini dapat diklasifikasi dan morfologikan sebagai berikut.

Baca : Cara Budidaya Tanaman Alpukat

Klasifikasi tanaman alpukat

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Magnoliidae

Ordo : Laurales

Famili : Lauraceae

Genus : Persea

Spesies : Persea americana. Mill

Morfologi tanaman alpukat

1. Akar

Tanaman alpukat memiliki sistem perakaran tunggang, yang memiliki panjang mencapai 5-10 meter bahkan lebih tergantung dengan varietes. Perakaran ini juga menyebar luas di permukaan tanah dengan panjang mencapai 5 – 6 meter bahkan lebih. Perakaran ini berguna untuk menyerap media air yang ada di dalam tanah.

2.  Batang

Tanaman alpukat memiliki batang berbentuk bulat memanjang dengan panjang mencapai 5-10 meter, berwarna kecoklatan, memiliki perkulitan keras dan batang yang keras. Batang tanaman ini juga memiliki percabangan atau ranting yang banyak yang menyokong daun tanaman alpukat.

3. Daun

Daun tanaman ini adalah tunggal dan simetris, yang memiliki tangkai dengan panjang 1-1,5 cm. Biasanya daun ini terletak pada bagian ujung ranting, daun ini berbentuk bulat telur atau oval yang memiliki tebal hampir seperti kertas. Pangkal daun meruncing, dengan bagian tepu merata  dan juga menggulung keatas. Permukaan daun halus dengan pertulangan yang menyirip, lebar daun ini 3-10 cm dengan rata – rata panjang 10-20 cm berwarna kemerahan hingga kehijauan.

4. Bunga

Bunga alpukat termasuk bunga majemuk, yang mempunyai bentuk hampir menyerupai bintang dan memiliki kelamin ganda. Bunga ini tersusun dari beberapa malai yang muncul pada ketiak  daun atau tanting berwarna kekuningan dan kehijauan. Biasanya dalam penyerbukan bunga ini dibantu dengan angin maupun binatang yang ada disekitarnya.

5. Buah

Buah alpukat ini hampir sama dengan buah buni, memiliki bentuk bulat oval dengan panjang 10-20 cm berwarna kehijauan atau kekuningan. Buah alpukat ini juga memiliki bercak atau bintik halus berwarna keunguan, memiliki daging lunak, ketika sudah matang dan biji tunggal berwarna putih berbentuk bulat.

6. Biji

Biji buah alpukat ini berbentuk bulat oval atau telur dengan diameter 2,5-5 cm dan berwaran keputihan. Perkembangbiakan biji alpukat ini termasuk keda;am tuipe hipogeasl, yaitu perkecambahan yang tumbuh diberada didalam tanah

Baca juga :

Demikianlah ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman alpukat semoga informasi kami berguna dan bermanfaat. Jangan lupa subcribe ya !! untuk mendapatkan artikel secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme