Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

10 Fakta Unik Tentang Bunga Tulip

10 Fakta Unik Tentang Bunga Tulip – Bunga tulip adalah salah tanaman hias yang banyak di kenal dan juga populer diberbagai kalangan masyarakat. Bunga ini memiliki kesan, cantik, elegan, dan juga memiliki warna yang sangat beragam sehingga banyak sekali yang menyukai bunga tulip ini.

1

Selain itu, bunga tulip ini memiliki beberapa spesies yang menyebar diberbagai daerah sekitar 75 spesies bahkan lebih dan memiliki perkembangbikan sekitar 3.000 varietes. Bunga tulip ini diperkirakan berasal dari Asia Tenggara, abad ke 16 yang menyebar hingga saat ini.  Pada umumnya, bunga tulip ini dapat tumbuh dengan baik pada iklim sedang sehingga penyebaran tanaman bunga tulip ini cepat menyebar. Namun, ada beberapa fakta unik yang jarang diketahui banyak orang mengenai bunga tulip diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Banyak yang mengatakan bahwa bunga tulip ini berasal dari Negara Belanda, sehingga di kenal dengan negara bunga tulip. Faktanya bahwa bunga tulip ini ternyata berasal dari Asia Tenggara, terutamanya Turki.
  2. Bunga tulip yang berasal dari Persia ini sering di kenal dengan nama Turban, dikarenakan memiliki bentuk bunga mahkota yang hampir menyerupai turban.
  3. Bunga tulip juga merupakan salah satu lambang atau simbol utama nasional dari sebuah negara Turki.
  4. Tanaman bunga tulip ini di tanamn sekitar 500 tahun lalu, yang melalui daratan Asia tenggara, dan juga menyebar dengan luas melalui perdagangan bunga.
  5. Bunga tulip dengan warna yang sangat beragam dan variasi yang sangat cerah dan terang, pertama kali dikenalkan di Eropa pada tahun 1554 melalui sebuah hadiah dari kaisar Ottoman.
  6. Bunga tulip juga dikenal di negara Belanda tahun 1594, seorang pakar botani bernama Carolus Clusus dihadiahi sebuah potongan bunga tulip dari Duta Besar Konstantinopel bernama Oghier Ghislai De Busbecq.
  7. Tanaman bunga tulip juga pernah menjadi bunga termahal di dunia, dikarenakan keindahannya yang menawan.
  8. Beberapa bunga tulip mempunyai bau yang hampir menyerupai buah apricot.
  9. Tanaman bunga tulip bisa dimakan atau dikonsumsi dengan mencapukan beberapa saja kedalam salad atau makanan penutup.
  10. Fakta yang terakhir tanaman bunga tulip ini dijadikan sebuah ajang atau acara di beberapa negara seperti Kanada, Utah, dan Belanda.

Baca juga :

Demikianlah fakta unik menarik mengenai bunga tulip semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme